Journal of Education Action Research
Vol 1, No 2 (2017): August 2017

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DIVISIONS (STAD) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS IV DI SD NO. 1 SEMBUNG KECAMATAN MENGWI TAHUN PELAJARAN 2016/2017

Trisna Dewi, Ayu Ira (Unknown)
Sumantri, Made (Unknown)



Article Info

Publish Date
16 Oct 2017

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar IPA pada siswa kelas IV di SD No.1 Sembung tahun pelajaran 2016/2017setelah diterapkannya model pembelajaran kooperatif tipe STAD.Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang melibatkan subjek sebanyak 16 orang siswa. Objek penelitian ini adalah hasil belajar IPA siswa melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe STAD. Data hasil belajar siswa diperoleh melalui hasil  observasi menggunakan lembar  observasi dan data hasil belajar siswa diperoleh menggunakan tes tertulis. Data yang terkumpul selanjutnya dianalisis secara deskriptif.Hasil penelitian menunjukkan bahwa, dengan menggunakan penerapan model pembelajaran kooperatif tipe STAD dapat meningkatkan persentase hasil belajar IPA siswa sebesar 25%, pada  siklus I yaitu 68,75%,dan pada siklus II menjadi 93,75%. Berdasarkan hasil dan pembahasan dapat disimpulkan bahwa, hasil belajar IPA siswa meningkat melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe student teams achievement divisions (STAD) siswa kelas IV SD No. 1 Sembung tahun pelajaran 2016/2017. Disarankan pada guru kelas yang lain, agar bisa menerapkan model pembelajaran tipe student teams achievement division (STAD) ini pada mata pelajaran yang berbeda. Karena penerapan model pembelajaran tipe student teams achievement divisions (STAD) ini terbukti dapat meningkatkan hasil belajar siswa.

Copyrights © 2017






Journal Info

Abbrev

JEAR

Publisher

Subject

Education

Description

Journal of Educational Action Research is concerned with exploring the dialogue between research and practice in educational settings. This journal publishes accounts of a range of action research and related studies, in education and across the professions, with the aim of making their outcomes ...