Jurnal Ketahanan Pangan
Vol 1, No 2 (2017): JU-Ke

Efektifitas Penggunaan Strategi Resources-processing, Compensation dan Input-output Processing untuk Meningkatkan Ketrampilan Mendengarkan Bahasa Inggris

Hidayanti, Ika (Unknown)



Article Info

Publish Date
28 Dec 2017

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengatahui adakah pengaruh pengajaran berbasis-strategi pada kemajuan mahasiswa dalam ketrampilan mendengarkan. Adapun strategi yang dipakai meliputi strategi Resources-processing, Compensation dan Input-output Processing yang diambil dari Posteriori Taxonomy of Strategies of Learning English Listening Skill. Desain penelitian adalah jenis kuasi-eksperimen. Sebelum menentukan kelompok eksperimen dan kelompok kontrol, kedua kelompok diberi pretes untuk mengetahui kemampuan awal mahasiswa. Hasil analisis menunjukkan bahwa kedua kelompok mempunyai kemampuan awal yang tidak berbeda. Selanjutnya, kelompok eksperimen diberi pengajaran berbasis-strategi (tiga strategi), dan kelompok kontrol diberi pengajaran metode dan instruksi tradisional. Pemberian postes ditujukan untuk mengetahui hasil pengajaran pada kedua kelompok. Hasil analisis statistik mengindikasikan bahwa kelompok eksperimen (M=68.00, SD=9.88) lebih unggul dari dan kelompok kontrol (M=59.13, SD=16.67). Selain itu, nilai t (46)=2.243, p=.008 menginterpretasikan bahwa ada perbedaan signifikan antara kedua kelompok. Berkaitan dengan besarnya efek pengajaran pada kedua kelompok, perbedaan pada nilai rata-rata dikategorikan sedang/moderat (eta-squared=.09)

Copyrights © 2017






Journal Info

Abbrev

jkp

Publisher

Subject

Agriculture, Biological Sciences & Forestry Social Sciences

Description

Jurnal JU-ke adalah kepanjangan dari jurnal ketahanan pangan. Jurnal ini disusun untuk mewadahi hasil-hasil penelitian yang berbasis pada ketahanan pangan yang diartikan secara integrasi yang holistik. Ketahan pangan bisa dilihat dari aspek hukum, pendidikan, pertanian, kebijakan publik, bisnis, ...