VOX EDUKASI: Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan
Vol 8, No 1 (2017): APRIL

MODEL PENGEMBANGAN BAHAN AJAR MATEMATIKA UNTUK SEKOLAH DASAR

Isma Nastiti Maharani (Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Sukabumi)



Article Info

Publish Date
06 Aug 2018

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya penguasaan konsep siswa terhadap konsep perkalian dan konsep pembagian dalam pembelajaran tematik siswa kelas II SD. Jenis penelitian yang digunakan adalah jenis penelitian dan pengembangan (research and development), dengan model pengembangan menggunakan model pengembangan Borg & Gall dan langkah pengembangan bahan ajar dari Dick & Carey. Tahap-tahap yang sudah dimodifikasi dalam penelitian dan pengembangan adalah; (1) Tahap Studi Pendahuluan, (2) Tahap Pengembangan Model, dan (3) Tahap Ujicoba serta Revisi Produk, Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan produk berupa bahan ajar tematik untuk siswa kelas II di SDN Harapan 1 Bandung yang teruji kelayakannya dan keunggulannya untuk meningkatkan penguasaan konsep perkalian dan pembagian pada pembelajaran tematik. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan pedoman wawancara, lembar observasi, angket dan tes. Hasil penelitian ini adalah : 1) Mendeskripsikan kondisi pembelajaran tematik, 2) Menghasilkan model pengembangan bahan ajar yang dapat meningkatkan penguasaan konsep, 3) Mendeskripsikan efektivitas penggunaan bahan ajar untuk meningkatkan penguasaan konsep siswa. Pengembangan bahan ajar ini efektif untuk meningkatkan penguasaan konsep siswa. Hal ini ditunjukkan oleh perhitungan uji t yang membedakan penguasaan konsep subyek penelitian sebelum dan sesudah implementasi bahan ajar, dengan thitung = 13,28 yang lebih kecil dari harga ttabel (α = 0,05 dan dk = 29) = 50,1. Disamping itu keefektifan bahan ajar terhadap pembelajaran tematik dapat dilihat dari perbedaan nilai rata-rata pretest dan posttest siswa yang mana nilai rata-rata posttest (Mean = 82,3; Standard Deviation = 15,12) lebih tinggi dibandingkan nilai rata-rata pretest (Mean = 49,6; Standard Deviation = 10,67). Secara keseluruhan, bahan ajar matematika yang dikembangkan sudah dapat dikatakan dapat meningkatkan penguasaan konsep perkalian dan konsep pembagian siswa kelas IIA di SDN Harapan 1 Bandung. Kata Kunci :  Bahan Ajar Matematika, Penguasaan Konsep, Operasi Bilanga

Copyrights © 2017






Journal Info

Abbrev

VOX

Publisher

Subject

Education

Description

Jurnal ini memuat publikasi hasil pemikiran dan penelitian dibidang pendidikan, pengajaran dan evaluasi belajar, baik laporan penelitian maupun tinjauan buku yang dapat memberikan solusi permasalahan bagi perkembangan dunia pendidikan dan pengajaran secara luas dan bermanfaat serta belum pernah ...