Natural: Jurnal Ilmiah Pendidikan IPA
Vol 5 No 2 (2018)

Hubungan antara literasi sains dan rasa ingin tahu siswa pada materi ekosistem

Syarifah Novianur Muhammad (Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Borneo Tarakan)
Listiani Listiani (Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Borneo Tarakan)
Aidil Adhani (Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Borneo Tarakan)



Article Info

Publish Date
26 Sep 2018

Abstract

Secara tidak langsung, terdapat hubungan antara literasi sains dan rasa ingin tahu. Siswa yang menguasai kemampuan literasi sains umumnya memiliki rasa ingin tahu yang tinggi. Oleh karena itu penelitian ini dilakukan untuk mengetahui hubungan antara literasi sains dan rasa ingin tahu siswa, khususnya pada materi ekosistem. Penelitian dilaksanakan di SMA Negeri 3 Tarakan dengan sampel sebanyak 36 siswa yang berada pada kelas XI IPA. Sampel dalam penelitian ini dipilih dengan menggunakan metode simple random sampling. Data yang diperoleh kemudian dianalisis dengan uji korelasi product momen. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sebanyak 53% siswa memiliki kemampuan literasi sains. Sedangkan rasa ingin tahu siswa berada pada kategori tinggi dengan jumlah persentase siswa sebanyak 78%. Selanjutnya, pengujian terhadap hubungan kedua aspek tersebut menunjukkan bahwa terdapat hubungan antara literasi sains dan rasa ingin tahu dengan nilai korelasi 0.424. Berdasarkan nilai tersebut dapat disimpulkan behwa terdapat hubungan antara literasi sain dan rasa ingin tahu siswa. Correlation Between Science Literacy and Student Curiosity on Ecosistem TopicAbstractThere are correlation between science literacy and students’ curiosity indirectly. Students who have view in science literacy usually have high curiosity. Therefore, this research has been done to find out the correlation between science literacy and students/ curiosity, especially in ecosystem topic. The study was done at SMA Negeri 3 Tarakan and the sample are 36 eleventh grade students of IPA. Sample of this research was selected using simple random sampling. The data that has been collected was then analyzed using product moment correlation. The result showed that there are 53% of students have view in science literacy. Meanwhile, there are 78% of students have high curiosity. After that, the test on correlation between those two aspects showed that there are correlation between science literacy and curiosity with correllation coeficient 0.424. It can be concluded that there are correlation between science literacy and students’ curiosity.

Copyrights © 2018






Journal Info

Abbrev

NATURAL

Publisher

Subject

Education

Description

Natural: Jurnal Ilmiah Pendidikan IPA offers an interdisciplinary forum for the publication of original peer-reviewed, contributed and invited research articles of the highest quality that address different topics of science education with implications for improving and enhancing science education ...