JURNAL MAHASISWA BK AN-NUR : BERBEDA, BERMAKNA, MULIA
Vol 4, No 1 (2018)

LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK UNTUK MENGURANGI KECEMASAN BERKOMUNIKASI PADA SISWA KELAS VIII MTs NURUL FALAH JUAI KABUPATEN BALANGAN

Yarah Yarah (Universitas Islam Kalimantan Muhammad Arsyad Al-Banjari)
Jarkawi Jarkawi (Universitas Islam Kalimantan Muhammad Arsyad Al-Banjari)
Farial Farial (Universitas Islam Kalimantan Muhammad Arsyad Al-Banjari)



Article Info

Publish Date
01 Apr 2018

Abstract

Latar belakang penelitian ini didasari atas dasar perilaku siswa yang pasif dalam proses belajar mengajar seperti sulit mengemukakan pendapat, kurang mampu dalam berbicara didepan kelas, merasa cemas, gugup saat ingin bertanya dengan guru, ataupun persentasi dalam diskusi kelompok. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbandingan kecemasan berkomunikasi pada siswa kelas VIII di MTs Nurul Falah Juai kabupaten Balangan sebelum dan sesudah diberikan layanan bimbingan kelompok.  Hipotesis dalam penelitian ini layanan bimbingan kelompok efektif mengurangi kecemasan berkomunikasi pada siswa kelas VIII MTs Nurul Falah Juai kabupaten Balangan. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas VIII MTs Nurul Falah Juai tahun 2017. Sampel penelitian ini menggunakan teknik probabillty sampling dengan random sampling. Variabel yang digunakan yaitu layanan bimbingan kelompok sebagai variabel bebas dan kecemasan berkomunikasi sebagai variabel terikat. Uji validasi instumen menggunakan kolerasi item total terkoreksi, dan dilanjutkan uji reabilitas menggunakan rumus alpha. Hasil uji validitas instrumen diperoleh butir instrumen yang valid 60 butir dan 5 butir tidak valid digugurkan dengan koefisien reabilitas sebesar 0,947. Pengujian hipotesis menggunakan uji t. Hasil uji t menunjukan t-hitung (-23,768) < t-tabel (2,821). Dengan kata lain dapat dinyatakan hipotesis awal Ho ditolak yang berbunyi “tidak ada pengaruh layanan bimbingan kelompok dalam mengurangi kecemasan berkomunikasi pada siswa kelas VIII MTs Nurul Falah Juai kabupaten Balangan”, sedangkan hipotesis kerja (Ha diterima) yang berbunyi “ada pengaruh layanan bimbingan kelompok dalam mengurangi kecemasan berkomunikasi pada siswa kelas VIII MTs Nurul Falah Juai kabupaten Balangan”. Dengan demikian penelitian ini menyimpulkan bahwa hipotesis yang menyatakan ”Layanan bimbingan kelompok efektif untuk mengurangi kecemasan berkomunikasi siswa kelas VIII MTs Nurul Falah Juai kabupaten Balangan”, terbukti kebenarannya.

Copyrights © 2018






Journal Info

Abbrev

AN-NUR

Publisher

Subject

Education Social Sciences Other

Description

Jurnal Mahasiswa BK An-Nur : Berbeda, Bermakna, Mulia ini menyediakan akses terbuka yang pada prinsipnya membuat riset tersedia secara gratis untuk publik dan akan mensupport pertukaran pengetahuan global ...