Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) merupakan sekolah tingkat menengah yang membekali parasiswanya dengan keterampilan tertentu sehingga alumninya dapat bekerja setelah lulus. SMKmengalami pertumbuhan dan perkembangan yang cukup pesat pada beberapa tahun terakhir, seiringdengan semakin mahalnya biaya kuliah di perguruan tinggi dan meningkatnya kebutuhan tenaga ahlimadya pada dunia usaha dan industri sebagai dampak dari proses industrialisasi di Indonesia.Sementara itu, rendahnya âbarrier to entryâ dalam industri jasa ini, serta keinginan pemerintahuntuk memperbanyak sekolah SMK semakin membuka peluang bagi seseorang atau organisasi untukberkiprah pada industri jasa ini, sehingga persaingan yang ketat tidak dapat dihindari lagi. Penelitianini dilakukan untuk memperoleh deskripsi tentang loyalitas pelanggan dan menguji hipotesis perihalperanan komitmen dan kompetensi guru dalam pembentukan kepuasan siswa atau lulusan dan nilaipelayanan, serta faktor-faktor dominan dalam pembentukan suatu loyalitas pelanggan. Pendekatanyang digunakan dalam penelitian ini adalah âexplanatory studiesâ yang dilaksanakan melaluipengumpulan data di lapangan (sekolah SMK swasta di Kota Bogor) melalui survei sekolah. Hasilpenelitian menunjukkan bahwa kompetensi guru SMK di Kota Bogor memiliki pengaruh kuat secaralangsung terhadap pembentukan loyalitas pelanggan terhadap sekolah mereka maupun tidaklangsung melalui kepuasan siswa.
Copyrights © 2014