cover
Contact Name
JURNAL SOSIAL HUMANIORA
Contact Email
jsh.lppm@unida.ac.id
Phone
-
Journal Mail Official
jsh.lppm@unida.ac.id
Editorial Address
-
Location
Kota bogor,
Jawa barat
INDONESIA
Jurnal Sosial Humaniora
ISSN : 20874928     EISSN : 25500236     DOI : -
Core Subject : Social,
Jurnal Sosial Humaniora (JSH) mendorong pengembangkan ilmu pengetahuan dan teknologi dalam bidang sosial humaniora melalui penerbitan karya ilmiah berbasis hasil penelitian (orisinal).
Arjuna Subject : -
Articles 289 Documents
HAK KEBEBASAN BERIBADAH BAGI NARAPIDANA DI LEMBAGA PEMASYARAKATAN KELAS II B Endeh Suhartini; Defisa
Jurnal Sosial Humaniora Vol. 13 No. 1 (2022): Spesial Issu
Publisher : Universitas Djuanda Bogor

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Lembaga Pemasyarakatan bukan hanya sebagai tempat pemberian sanksi terhadap orang yang telah melanggar hukum, tetapi juga sebagai tempat pendidikan dan tempat pembinaan, Lapas menyelenggarakan beberapa program pembinaan untuk memberikan bekal terbaik untuk narapidana ketika telah selesai menjalankan masa hukuman nya. Dalam penelitian ini juga penulis melakukan pendekatan yuridis sosiologis (empiris), yaitu hukum sebagai geja masyarakat, sebagai institusi sosial atau perilaku yang mempola. Teknis pengumpulan data yang digunakan adalah melalui metode observasi, dan metode interview (wawancara). Narapidana di Lembaga Pemasyarakatan Kelas II B Cianjur di berikan kesempatan seluas-luas nya dalam menjalankan ibadah sesuai agama yang di percayai nya. Lapas Kelas II B Cianjur memiliki program unggulan yaitu Pondok Pesantren At-Taubah dan memiliki Gereja bernama Gereja Pnail. Dalam menjalankan pembinaan keagamaan ini pihak Lapas bekerja sama bersama Majelis Ulama Indonesia Kabupaten Cianjur dan para pendeta dilingkungan Kabupaten Cianjur. Dalam pembinaan terdapat beberapa hambatan yaitu over kapasitas, kurangnya fasilitas, latar belakang narapidana yang berbeda-beda dll.
ANALISIS MANAJEMEN RISIKO BERBASIS ISO 31000:2009 PADA MODEL OPTIMASI PENGEMBANGAN DESTINASI WISATA SPIRITUAL Yuviani Kusumawardh
Jurnal Sosial Humaniora Vol. 10 No. 1 (2019): APRIL
Publisher : Universitas Djuanda Bogor

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (238.347 KB) | DOI: 10.30997/jsh.v10i1.1588

Abstract

Sektor pariwisata di Indonesia memiliki kontribusi yang besar pada perekonomian negara. Hal ini dibuktikan dengan jumlah kunjungan wisatawan asing ke Indonesia dari tahun ke tahun semakin meningkat. Pengembangan pariwisata perlu dilakukan dalam rangka menarik wisatawan lebih banyak lagi. Pengembangan pariwisata yang saat ini sedang tren salah satunya adalah wisata spiritual. Wisata spiritual dinilai menghargai budaya lokal, mencintai alam dan lingkungan, serta wisatawan yang datang juga diajarkan untuk mengenal budaya lokal. Pura Parahyangan Agung Jagatkartta memiliki keindahan alam karena letaknya dibawah kaki Gunung Salak. Tempat ini berpotensi untuk dijadikan suatu objek wisata spiritual, karena Pura ini masih dijadikan tempat beribadah oleh umat Hindu hingga saat ini.Pada pengembangan destinasi wisata spiritual ditemukan banyak risiko-risiko yang akan dihadapi oleh pihak pengembang. Penelitian ini bertujuan menemukan risiko-risiko apa saja yang timbul pada proses implementasi model optimasi kemudian merumuskan manajemen risiko berbasis ISO 31000:2009. Hasil penelitian ini memberikan gambaran bahwa manajemen risiko berbasis ISO 31000:2009 yang telah dirancang untuk model optimasi dapat membantu memaksimalkan kinerja model optimasi itu sendiri pada proses implementasinya, yaitu dengan meminimalkan risiko-risiko yang terjadi. Kendala atau risiko yang ada dapat ditanggulangi secara cepat dengan cara pemberdayaan masyarakat dan penggunaan teknologi lokal yang tepat guna secara efektif dan efisien.
KOMUNIKASI PRIMER DAN SEKUNDER CITY BRANDING Mariana Siregar; Ezi Hendri
Jurnal Sosial Humaniora Vol. 10 No. 1 (2019): APRIL
Publisher : Universitas Djuanda Bogor

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (510.02 KB) | DOI: 10.30997/jsh.v10i1.1602

Abstract

Untuk mengefektifkan pelaksanaan strategi komunikasi city branding di media sosial, pemerintah Kota Bogor perlu memahami karakter publiknya (komunikan), salah satu publiknya adalah mahasiswa. Mahasiswa merupakan salah satu publik potensial pesan komunikasi city branding suatu daerah. Penelitian ini bertujuan mengenali karakter dan pemanfaatan media sosial mereka dalam penelusuran informasi publik daerahnya dan media sosial mana yang paling sering digunakan mahasiswa. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskripsi kuantitatif yang terdiri dari analisis statistik deskriptif (frekuensi dan persentase) digunakan untuk menganalisis deskripsi peubah peubah-peubah karakteristik responden, dan analisis rataan skor digunakan untuk menganalisis penilaian dari komunikasi kota. Pengambilan sampel penelitian dilakukan dengan cara quota sampling menggunakan rumus Slovin. Hasil penelitian menunjukkan mahasiswa di Kota Bogor memiliki tiga media sosial instagram, facebook, twitter. Dilihat dari keaktifan penggunaan instagram, youtube, dan Facebook. Karakteristik mahasiswa yang menggunakan media sosial di Kota Bogor dalam penelitian ini di media massa didominasi oleh mahasiswa dengan perbandingan 52 persen dengan 48 persen responden mahasiswi. Di rentang usia 18-26 tahun, usia mereka tiga terbanyak adalah berusia 22 tahun, usia 21 tahun, usia 20 tahun sebanyak, sisanya kurang dari umur 20 tahun, dan sebanyak 62,8 persen bertempat tinggal di Kota Bogor. Komunikasi primer yang ditemukan berupa strategi lanskap kota dalam bentuk revitalisasi situs bersejarah di Kota Bogor dinilai baik, sedangkan ruang terbuka hijau secara umum dinilai cukup baik. Pada tahapan komunikasi sekunder, media sosial paling sering menjadi rujukan mencari informasi Kota Bogor di kalangan mahasiswa terutama adalah akun instagram, facebook, dan twitter Pemerintah Kota Bogor.
ENHANCING LOCAL ECONOMIC THROUGH RURAL TOURISM : CASE STUDY CISEENG VILLAGE liliana Dewi; Ika Suryono Djunaid
Jurnal Sosial Humaniora Vol. 10 No. 1 (2019): APRIL
Publisher : Universitas Djuanda Bogor

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (610.118 KB) | DOI: 10.30997/jsh.v10i1.1607

Abstract

Five aspects in the development have been observed namely transportation, accommodation, food and beverage facilities, tourist attraction, souvenir. This study use qualitative study approach. The data used are primary and secondary data collected in several ways including observation, interviews, documentation and literature. This study focusing on identify potency of Ciseeng village, business opportunity and employment and marketing strategy to enhance local economy. Result show that there is open wide opportunity for Ciseeng village to enhance local economy through rural tourism, operated and managed by community. Motivation and commitment to learn and to grow are needed in this community. This study was conducted with the aim of giving input and encouraging creativity to the local community, the Government of Bogor Regency, the Tourism Local Community Leader to enhance local economy.
PENGARUH TOTAL QUALITY MANAGEMENT TERHADAP KINERJA KARYAWAN PT BCD BOGOR Iskandar Zulkarnain; Dwi Gemina; Erni Yunningsih
Jurnal Sosial Humaniora Vol. 10 No. 1 (2019): APRIL
Publisher : Universitas Djuanda Bogor

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (2500.547 KB) | DOI: 10.30997/jsh.v10i1.1615

Abstract

Penelitian bertujuan untuk menganalisis kinerja karyawan dipengaruhi oleh total quality management (TQM) simultan dan parsial di PT BCD. Fokus pelanggan, perbaikan berkesinambungan, dan pemberdayaan SDM variabel dalam TQM. Metode analisis deskriptif dengan Skala likert untuk analisis desktiptif, sedangkan untuk analisis verifikatif menggunakan koefisien determinasi, korelasi berganda, dan pengujian regresi. Data kuesioner didapatkan dari 100 orang karyawan bagian produksi, quality control, utility, dan gudang. Kuesioner teruji dengan uji validitas, uji reliabilitas, dan juga asumsi klasik. Hasil dari pengujian tersebut valid, reliabel dipakai untuk data regresi. Hasil pengujian koefisien determinasi (R2) 68,40 persen, sedangkan faktor lain mempengaruhi 31,60 persen. Hubungan antara TQM dan kinerja sangat kuat karena hasil koefisien sebesar 0,827. Kinerja karyawan dipengaruhi oleh TQM secara keseluruhan (simultan). Secara parsial fokus pelanggan juga perbaikan berkesinambungan mempengaruhi kinerja karyawan, sedangkan variabel tidak berpengaruh adalah pemberdayaan SDM.
MOTIVASI BEKERJA PADA BURUH TANI TEBU PEREMPUAN Monika Silvia; Rani Rani
Jurnal Sosial Humaniora Vol. 10 No. 1 (2019): APRIL
Publisher : Universitas Djuanda Bogor

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (27.719 KB) | DOI: 10.30997/jsh.v10i1.1650

Abstract

Seiring berjalannya waktu, terjadi adanya pergeseran peran perempuan. Apabila semula perempuan berperanhanya menjadi ibu rumah tangga, namun kini perempuan memiliki peran lain yaitu turut bekerja mencarinafkah. Fenomena ini dijumpai pada buruh tani tebu perempuan di Kebun Pembibitan Kembaran, PGMadukismo Yogyakarta. Proporsi jumlah buruh tani tebu di lahan pembibitan didominasi oleh perempuan,padahal termasuk pekerjaan yang berat, namun para perempuan tersebut memilih untuk bekerja menjadi buruhtani tebu. Tujuan penelitian ini yaitu untuk melihat apakah motivasi bekerja buruh tani perempuan tersebut.Adapun penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus . Analisis datamenggunakan analisis deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa motivasi intrinsik buruh tani tebuperempuan bekerja adalah kebutuhan ekonomi, sementara motivasi intrinsik berasal dari lingkungan kerja yangnyaman.
EFEKTIVITAS PROGRAM PELATIHAN KETERAMPILAN BERBASIS MASYARAKAT (KK MISKIN) OLEH DINAS TENAGA KERJA DAN TRANSMIGRASI KOTA BOGOR Tantia Wulan Kurnia; Abubakar Iskandar; Denny Hernawan
Jurnal Sosial Humaniora Vol. 10 No. 1 (2019): APRIL
Publisher : Universitas Djuanda Bogor

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (530.117 KB) | DOI: 10.30997/jsh.v10i1.1714

Abstract

Pengentasan kemiskinan masih menjadi permasalahan utama yang saat ini dihadapi oleh setiap daerah. Program kegiatan pelatihan keterampilan berbasis masyarakat (KK Miskin) oleh Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Kota Bogor adalah salah satu upaya dalam mengatasi masalah kemiskinan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui efektivitas pemberian materi pelatihan; menjelaskan waktu pemberian materi pelatihan; menganalisis materi pelatihan yang diberikan dengan pekerjaan yang dimiliki pada pelatihan keterampilan berbasis masyarakat (KK Miskin) oleh Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Kota Bogor. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif yaitu mencari makna, pemahaman, pengertian, verstehen tentang suatu fenomena, kejadian, maupun kehidupan manusia dengan terlibat langsung dan/atau tidak langsung dalam setting yang diteliti, konseptual dan menyeluruh. Hasil penelitian ini menunjukkan efektivitas pelaksanaan kegiatan pelatihan keterampilan berbasis masyarakat (KK Miskin) berdasarkan tahap pra pelatihan, pelatihan, monitoring dan evaluasi;keterkaitan antara pelatihan keterampilan dengan pekerjaan saat ini. Kesimpulan dari penelitian inimenyatakan bahwa kegiatan pelatihan keterampilan berbasis masyarakat (KK Miskin) olehDisnakertrans cukup efektif.
AKSELERASI BADAN USAHA MILIK DAERAH (BUMD) DI KABUPATEN BOGOR Danu Suryani; Tini Kartini; Ilman Khairi
Jurnal Sosial Humaniora Vol. 10 No. 1 (2019): APRIL
Publisher : Universitas Djuanda Bogor

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (237.169 KB) | DOI: 10.30997/jsh.v10i1.1723

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana pengelolaan Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) khususnya di Kabupaten Bogor. Untuk mencapai tujuan ini dilakukan beberapa kegiatan penelitian dengan metode penelitian Kajian Yuridis Normatif atau disebut juga penelitian  doktrinal, Kajian Yuridis Sosiologis. Dari kajian yang dilakukan sejauh ini dapat kami jelaskan bahwa kontributsi BUMD pada peningkatan APBD masih terlalu kecil bahkan untuk beberapa BUMD cenderung merugi. Hal tersbut disebabkan oleh banyak factor yang diantaranya mulai dari proses pembuatan peraturan sebagai payung hukum kebijakan pada tingkat daerah yang masih sangat lemah, penyelenggaran BUMD masih belum dioprasikan dengan baik, lemahnya pengawasan dan penegakan hukum, serta lemahnya evaluasi dari kinerja BUMD masih belum merekomendasikan perbaikan bagi penyelenggaraan BUMD. Hal tersebut juga diperparah dari adanya hambatan-hambatan yang yang ada baik dari internal maupun eksternal. Oleh karenanya diperlukan model aturan hukum yang jelas, menjamin kepastian hukum minimal mengatur aspek planning, organizing, actuating, controlling dan evaluating sehingga dapat meminimalisir penyimpangan dan adanya tansparansi dan akuntabilitas dari setiap BUMD.
STRATEGI KOMUNIKASI PEMASARAN PT. TAJUR SURYA ABADI MELALUI PROYEK PERUMAHAN ROYAL TAJUR RESIDENCE DALAM UPAYA MENARIK MINAT BELI KONSUMEN DI KOTA BOGOR Zatnika Andreas; Ike Atikah Ratnamulyani; Ali Alamsyah Kusumadinata
Jurnal Sosial Humaniora Vol. 10 No. 2 (2019): OKTOBER
Publisher : Universitas Djuanda Bogor

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (114.403 KB) | DOI: 10.30997/jsh.v10i2.1715

Abstract

Kota Bogor termasuk sebagai penyangga ibu kota Jakarta, memiliki udara yang sejukdengan curah hujan yang tinggi dan topografinya berbukit-bukit. Hal ini memungkinkanmasyarakat bekerja di Jakarta dan memilih memiliki rumah di Bogor. Kota Bogor jugamemiliki fasilitas umum dan sosial yang dapat menjangkau semua kalangan masyarakat.Royal Tajur Residence merupakan perumahan dengan konsep resort yang bangun oleh PT.Tajur Surya Abadi mendapatkan penghargaan dari Property Indonseia Award 2017,dengan kategori penghargaan sebagai “The Prosvective Housing in Bogor .” Tujuanpenelitian adalah ini untuk mengetahui strategi komunikasi pemasaran apa saja yangsudah teknik analisis data yang digunakan adalah analisis SWOT dengan menggunakanmatriks SWOT dan matriks space sebagai teknik analisis data yang relevan. Hasil penelitianmenunjukan Royal Tajur Residence berada pada Kuadran I (Expansion). berdasarkan hasiluji analisis SWOT dengan menggunakan perhitungan analisis space, menggambarkansituasi yang sangat baik karena ada kekuatan yang dimanfaatkan untuk meraih peluangyang menguntungkan dengan teknik strategi agresif, dengan tujuan untuk menimbulkanminat beli dari konsumen.
PENGARUH KOMUNIKASI DAN KOMPETENSI PEGAWAI TERHADAP KUALITAS PELAYANAN AKTA KELAHIRAN DI DINAS KEPENDUDUKAN DAN CATATAN SIPIL KABUPATEN BOGOR Oetje Subagdja
Jurnal Sosial Humaniora Vol. 10 No. 2 (2019): OKTOBER
Publisher : Universitas Djuanda Bogor

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (101.888 KB) | DOI: 10.30997/jsh.v10i2.1784

Abstract

Fenomena yang diangkat menjadi masalah penelitian adalah kualitas pelayanan Akta Kelahiran di Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kabupaten Bogor  dan korelasinya dengan masalah komunikasi dan kompetensi pegawai. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif yang dilaksanakan dengan pendekatan penelitian survey sample. Pengambilan sampel dari populasi penelitian menggunakan stratified random sampling technique. Pengumpulan data menggunakan studi kepustakaan,  kuesioner penelitian dan observasi. Analisis data  menggunakan Analisis SEM (Structural Equation Model Analysis). Dari pembahasan hasil penelitian diperoleh kesimpulan sebagai berikut :Besarnya pengaruh Komunikasi terhadap Kualitas Pelayanan Akta Kelahiran di Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kabupaten Bogor mencapai 0,430. Besarnya pengaruh Komunikasi terhadap Kualitas Pelayanan Akta Kelahiran ditentukan oleh personal skills and attitudes, interpersonal skills dan oral and written communication. Besarnya pengaruh Kompetensi Pegawai terhadap Kualitas Pelayanan Akta Kelahiran di Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kabupaten Bogor mencapai 0,543. Besarnya pengaruh kompetensi pegawai terhadap kualitas pelayanan akta kelahiran di Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kabupaten Bogor ditentukan oleh motives,  traits,  self-concept,  knowledge, dan Skills.           Konsep baru yang diperoleh dari analisis pengaruh Komunikasi terhadap Kualitas Pelayanan Akta Kelahiran adalah tentang Sikap dan Ketrampilan Pribadi Petugas Pelayanan Publik. Cakupan sikap dan ketrampilan pribadi petugas pelayanan yang dimaksud meliputi keahlian berkomunikasi dalam menyiapkan informasi pelayanan; kepandaian berkomunikasi dalam menyampaikan informasi pelayanan; ketrampilan berkomunikasi dalam memproses informasi yang disampaikan oleh penerima layanan; sikap petugas menyampaikan informasi kepada penerima layanan; dan sikap dalam menerima informasi dari penerima layanan.           Konsep baru yang diperoleh dari analisis pengaruh Kompetensi Pegawai terhadap Kualitas Pelayanan Akta Kelahiran adalah tentang Ketrampilan Pelayanan Administrasi Publik. Ketrampilan pelayanan yang dimaksud meliputi ketrampilan mengelola sumber daya administrasi yang terdiri atas sumber daya manusia, sumber daya anggaran, sumber daya kebijakan, dan sumber daya sarana pelayanan; ketrampilan manajemen pelayanan yang terdiri atas perencanaan layanan, palaksanaan pelayanan, pengendalian pelayanan, dan penilaian hasil pelayanan; ketrampilan teknis pelayanan yang terdiri atas prosedur,  tata cara dan waktu pelayanan; ketrampilan sosial pelayanan.

Page 1 of 29 | Total Record : 289