cover
Contact Name
JURNAL SOSIAL HUMANIORA
Contact Email
jsh.lppm@unida.ac.id
Phone
-
Journal Mail Official
jsh.lppm@unida.ac.id
Editorial Address
-
Location
Kota bogor,
Jawa barat
INDONESIA
Jurnal Sosial Humaniora
ISSN : 20874928     EISSN : 25500236     DOI : -
Core Subject : Social,
Jurnal Sosial Humaniora (JSH) mendorong pengembangkan ilmu pengetahuan dan teknologi dalam bidang sosial humaniora melalui penerbitan karya ilmiah berbasis hasil penelitian (orisinal).
Arjuna Subject : -
Articles 297 Documents
MODEL PERLINDUNGAN KONSUMEN DALAM TRANSAKSI BERBENTUK KLAUSULA BAKU Gilalo, Jacobus Jopie; Nurwati, Nurwati
Jurnal Sosial Humaniora Vol 8, No 1 (2017)
Publisher : Universitas Djuanda Bogor

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (584.203 KB) | DOI: 10.30997/jsh.v8i1.700

Abstract

Penelitian ini untuk mengetahui bentuk-bentuk perlindungan konsumen dalam transaksi perniagaan atas barang dan/atau jasa di Kota Bogor, dan untuk mengembangkan model klausula baku dalam bukti transaksi yang memberi perlindungan kepada konsumen. Adapun tujuan jangka panjang yang akan dicapai dari hasil penelitian ini adalah untuk mengetahui suatu model klausula baku dalam transaksi barang dan/atau jasa yang sesuai dengan Undang-Undang Nomor 8 Tahun 1999 tentang Perlindungan Konsumen. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu dengan jenis penelitian deskriptif, maka dalam menganalisis data penelitian ini, digunakan deskriptif kualitatif, yaitu suatu analisis yang sifatnya menjelaskan atau menggambarkan mengenai penemuan-penemuan yang berlaku dengan yuridis empiris/sosiologis, kemudian dikaitkan dengan kenyataan yang terjadi di masyarakat  dan akhirnya diambil kesimpulan, yaitu terumusnya model perlindungan konsumen dalam transaksi berbentuk Klausula Baku sebagaimana menurut Undang-Undang Perlindungan Konsumen dengan mengambil contoh di kota Bogor. Hasil yang ditargetkan dari penelitian ini adalah publikasi jurnal ilmiah terakreditasi dan terciptanya suatu hasil analisis mengenai model perlindungan konsumen dalam transaksi berbentuk klausula baku di kota Bogor. Dengan rumusan tersebut dapat menjadi dasar pertimbangan dalam memberi suatu perlindungan bagi konsumen. Dan yang menjadi luaran tambahan dari hasil penelitian ini dapat menjadi bahan ajar terutama pengayaan materi, khususnya tambahan bahan ajar pada disiplin ilmu hukum dan dapat pula dipergunakan oleh insan akademika guna pengembangan hukum perlindungan konsumen.KATA KUNCI: klausula baku, model perlindungan konsumen, transaksi. a model of consumer protection, transactions, standard clause. IN TRANSACTIONS WITH RAIN CLAUSULA IN TRANSACTIONS OF STANDARD CLAUSESABSTRACTThis research is to know the shape of consumer protection in commercial transactions for goods and/or services in the city of Bogor, and to develop models of standard clauses in a voucher that gives protection to the consumer. As for the long-term goals to be achieved from this research is to find out a model standard clause in the transaction of goods and/or services in accordance with Act No. 8 The year 1999 on Consumer Protection. The method used in this research is descriptive research, then in analyzing the data this study used descriptive qualitative, which an analysis of that nature to explain or describe the findings apply to the empirical juridical/sociological, then associated with the reality of the matter in society and ultimately be concluded, that formulated a model of consumer protection in the form of transaction in standard clause as according to the consumer protection Act by taking an example in the city of Bogor. Targeted results from this study are accredited scientific journal publications and the creation of an analysis result of the transaction model of consumer protection in the form of standard clauses in the city of Bogor. With such formulation may be a basic consideration in giving a protection for the consumer. And that became the additional output from this research can be instructional materials, especially the enrichment of material, in particular, additional teaching materials on the disciplines of law and may also be used by the personnel to the academic development of consumer protection law.
STUDI KRITIS KONSEP DAN APLIKASI PEMBINAAN MENTAL TNI AD Ilyas, Asmil
Jurnal Sosial Humaniora Vol 7, No 2 (2016)
Publisher : Universitas Djuanda Bogor

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30997/jsh.v7i2.489

Abstract

Pembinaan mental TNI AD adalah kegiatan dalam lingkungan TNI AD yang mengemban tugas dan kewajiban untuk membangun mental prajurit, PNS, TNI AD beserta keluarga besarnya. Tujuannya supaya terwujud keunggulan moral, soliditas dan profesionalisme prajurit TNI AD. Untuk mengembangkan pembinaan mental, TNI AD sudah berusaha dan membuat berbagai model dalam rangka mengembangkan sistem yang lebih baik. Namun, masih banyak oknum TNI AD (Kodam Jaya) yang melakukan tindakan yang kurang sesuai dengan moral agama dan negara. Asumsi penyebab utamanya adalah pendidikan dan bina mental rohani Islam masih kurang sesuai dengan keadaan dan akar permasalahan yang ada di TNI AD. Hal tersebut terjadi karena jika seseorang memahami dengan baik dan benar mengenai Islam, maka ia akan dapat berlaku lebih sopan, jauh dari perbuatan munkar, dan menjauhi bentuk kekerasan sampai tindak menyalahgunakan semua amanat yang dia sandang. Tujuan penelitian ialah untuk menganalisis masalah-masalah mendasar yang menjadi penyebab kurang efektifnya pembinaan mental di TNI AD, khususnya Kodam Jaya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa aplikasi dari konsep yang tidak efektif disebabkan oleh (1) kurang adanya keterlibatan langsung dari pimpinan dari Kodam Jaya, padahal TNI AD memiliki sifat loyalitas yang tinggi terhadap pemimpin; (2) materi yang diberikan tidak didasarkan pada kenyataan kasus moral TNI AD, khususnya Kodam Jaya; (3) pematerinya tidak mengikuti kurikulum yang sudah ditentukan dan diteliti sesuai dengan kebutuhan; (4) sistem pelajaran hanya mengikuti aturan umum, tidak terstruktur dalam hal waktu, tempat, dan pesertanya.
PARTISIPASI MASYARAKAT DALAM PERENCANAAN PEMBANGUNAN DI KECAMATAN CIBADAK KABUPATEN SUKABUMI purnamasari, irma
Jurnal Sosial Humaniora Vol 2, No 1 (2011)
Publisher : Universitas Djuanda Bogor

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (106.31 KB) | DOI: 10.30997/jsh.v2i1.88

Abstract

The Development which is closing the needs of community is a demand on this autonomy era. However, many obstacles are found in every step of the executions, and one of them is planning. Ideally, the development planning should be participative and have orientation on the basic needs of the community. Sometimes these 2 things are abandoned due to following: (1) Lack of understanding on development planning from community and government officials; (2) The Community sometimes became pessimistic on the development planning as they ideas are difficult to be accommodated when it comes to higher process; (3) The Limitations of government officials and development agents (kader) which duty is to communicate the development planning to the community; (4) The Period of development planning is very short and very imbalance with the materials that need to be discussed and decided.
URGENSI KEPALA NEGARA DAN PENGANGKATANNYA DALAM ISLAM Sutisna, Sutisna
Jurnal Sosial Humaniora Vol 5, No 2 (2014)
Publisher : Universitas Djuanda Bogor

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (161.173 KB) | DOI: 10.30997/jsh.v5i2.535

Abstract

Islam adalah agama universal yang diturunkan oleh Allah Ta’ala ke muka bumi sebagai petunjuk danpedoman hidup bagi seluruh umat manusia pada umumnya dan umat Islam pada khususnya. Selainitu, Islam adalah agama yang komprehensif, yaitu mengatur seluruh sendi kehidupan manusia darimulai masalah pribadi hingga masalah kenegaraan termasuk dalam masalah mekanisme pemilihankepala negara. Pemilihan kepada negara berkaitan dengan penyelenggaraan sebuah negara sebagaisarana untuk menegakkan agama dan kesejahteraan bagi manusia. Menurut Ibnu Khaldun (2001),imamah (kepemimpinan umat) adalah tanggung jawab umum yang dikehendaki oleh peraturansyariat untuk mewujudkan kemaslahatan dunia dan akhirat. Oleh karena kemaslahatan akhirat, makakemaslahatan dunia seluruhnya harus berpedoman kepada syariat. Metode penelitian yangdigunakan adalah penelitian kualitatif. Data-data yang digunakan adalah data kualitatif yangbersumber dari buku-buku fikih Islam. Kesimpulan dari penelitian ini yaitu mekanisme pemilihankepala negara dalam perspektif fikih Islam tidak disebutkan secara eksplisit di dalam Al-Qur’an danHadis sehingga ia masuk ke dalam masalah ijtihadiyah, serta bagi ahli hukum Islam dipersilahkanuntuk menggali dan menemukan formula yang terbaik dalam proses pemilihannya.
PERTUMBUHAN DAN PERKEMBANGAN PESERTA DIDIK SECARA SOSIAL Fauziah, R. Siti Pupu; Rusli, Radif Khotamir
Jurnal Sosial Humaniora Vol 4, No 2 (2013)
Publisher : Universitas Djuanda Bogor

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (103.169 KB) | DOI: 10.30997/jsh.v4i2.476

Abstract

Pada awal manusia dilahirkan, manusia belum memiliki sifat sosial. Artinya, manusia belum memiliki kemampuan dalam berinteraksi dengan orang lain. Kemampuan sosial anak diperoleh dari berbagai kesempatan dan pengalaman bergaul dengan orang-orang di lingkungannya. Kebutuhan berinteraksi dengan orang lain telah dirasakan sejak usia enam bulan. Saat itu mereka telah mampu mengenal manusia lain terutama ibu dan anggota keluarganya. Anak mulai mampu membedakan arti senyum dan perilaku sosial lain, seperti marah (tidak senang mendengar suara keras) dan kasih sayang. Perkembangan sosial pada masa remaja berkembang kemampuan untuk memahami orang lain sebagai individu yang unik, baik menyangkut sifat-sifat pribadi, minat, nilai-nilai, atau perasaan sehingga mendorong remaja untuk bersosialisasi lebih akrab dengan lingkungan sebaya atau lingkungan masyarakat melalui persahabatan atau percintaan. Pada masa ini berkembangan sikap cenderung menyerah atau mengikuti opini, pendapat, nilai, kebiasaan, kegemaran, dan keinginan orang lain. Ada lingkungan sosial remaja (teman sebaya) yang menampilkan sikap dan perilaku yang dapat dipertanggung jawabkan, misalnya taat beribadah, berbudi pekerti luhur, dan lain-lain. Remaja diharapkan memiliki penyesuaian sosial yang tepat dalam arti kemampuan untuk bereaksi secara tepat terhadap realitas sosial, situasi, dan relasi, baik di lingkungan keluarga, sekolah, dan masyarakat.
APRESIASI PENDENGAR TERHADAP ACARA FUNKYNDO REQUEST DI RADIO NINETYNINERS BANDUNG fitriah, maria
Jurnal Sosial Humaniora Vol 2, No 2 (2011)
Publisher : Universitas Djuanda Bogor

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (174.058 KB) | DOI: 10.30997/jsh.v2i2.98

Abstract

The main goal of this research is in order to know more about the appreciation of the listener to the program of Funkyndo Request in radio Ninetyniners. The research method that used is a quantitative description. The data gathering were done by using an observation, polling, interview, bibliography review. Sample determining was gained by sampling purposive because the taken sample based on criteria of twice song request and send message while the observer search and had already played role actively for about two years (2004 until 2006). Therefore the taken amounts of respondent are 84 person. The result depicts, that the cognitive as pact of respondent have already known about Funkyndo Request in radio Ninetyniners in a generally. The emotional aspect show, that generally respondent are satisfied of Funkyndo Request program. In this case, respondent level satisfaction is not maximal yet. That is mean, there is respondent necessary is not fulfill yet according to their request. Evaluative aspect show, that generally respondent have given a good mark toward the Funkyndo Request. In this case respondent evaluate that there is weakness in the program. In program duration respondent consider needed to add broadcast time more than two hours. Its means allowed more chance the listener for participating. Beside that respondent evaluate is not suitable in placed program time. It is caused by the time decided is 09.00-11.00 WIB coincident convenience. Therefore, regarding listener’s appreciation suggested to make a change and to add time program.
HUBUNGAN PERTUNJUKAN TEATER DENGAN PERILAKU PENONTON Niswan, Muhamad; Bilada, Hirar; Sukarelawati, Sukarelawati
Jurnal Sosial Humaniora Vol 9, No 2 (2018): OKTOBER
Publisher : Universitas Djuanda Bogor

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30997/jsh.v9i2.1381

Abstract

Penelitian ini memfokuskan pada hubungan suatu pertunjukan teater yang terdiri dari sumber pesan, isi pesan dan format pesan dengan perilaku penonton Kota Bogor. Penelitian ini dilakukan di Gedung Kesenian Kamuning Gading pada anggota Keluarga Teater Kampus Bogor. Tujuan dari penelitian adalah (1) untuk mengetahui sumber pesan dalam teater, (2) untuk mengetahui isi pesan dalam teater, (3) untuk mengetahui format pesan dalam teater, dan (4) untuk menganalisis hubungan antara sumber pesan, isi dan format pesan dalam pertunjukan teater dengan perilaku penonton. Analisa variabel dalam penelitian ini menggunakan analisa kuantitatif, Penelitian ini menggunakan metode asosiatif-kausal. Data dikumpulkan menggunakan kuisioner. Analisis data deskriptif menggunakan weight means score, dan untuk menguji hubungan antara variabel menggunakan uji statistik Rank Spearmans. Adapun hasil penelitian menunjukan pada sumber, isi dan format pesan dalam teater, yang mempengaruhi pada perilaku penonton teater. Hali ini mempengaruhi penonton dalam memberikan efek kognitif, afektif dan behavioral dalam melihat pertunjukan teater.
PARTISIPASI MASYARAKAT DALAM PENYELENGGARAAN PROGRAM CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY DI KECAMATAN KABANDUNGAN, KABUPATEN SUKABUMI, JAWA BARAT Kusumadinata, Alialamsyah
Jurnal Sosial Humaniora Vol 4, No 1 (2013)
Publisher : Universitas Djuanda Bogor

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (240.144 KB) | DOI: 10.30997/jsh.v4i1.446

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana tingkat partisipasi masyarakat dan stakeholder terkait dalam penyelenggaraan program pemberdayaan ekonomi lokal melalui pembentukan Lembaga Keuangan Mikro Syariah (LKMS) Kartini untuk mendukung keberadaan dan perkembangan usaha kecil menengah di tingkat masyarakat lokal serta hubungannya terhadap dampak sosial ekonomi yang akan diperoleh masyarakat. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat partisipasi masyarakat dalam penyelenggaraan program pemberdayaan ekonomi lokal dan stakeholder berhubungan dengan dampak sosial dan ekonomi masyarakat sehingga jika partisipasi masyarakat dalam penyelenggaraan program tinggi, maka dampak sosial dan ekonomi juga akan tinggi. Banyak faktor yang berpengaruh terhadap kondisi ekonomi dan sosial masyarakat selain keterlibatan masyarakan dalam penyelenggaraan program. Artinya, keterlibatan masyarakat dalam program ini bukan menjadi satu-satunya penentu taraf hidup, tingkat pendapatan, tingkat tabungan, serta bagaimana kekuatan modal sosial masyarakat.
MODEL PEMBERDAYAAN MASYARAKAT TANI BERBASIS KEMITRAAN GENDER DAN KOMODITI UNGGULAN LOKAL DALAM RANGKA PENGENTASAN KEMISKINAN DI PEDESAAN kardaya, dede
Jurnal Sosial Humaniora Vol 1, No 1 (2010)
Publisher : Universitas Djuanda Bogor

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (188.994 KB) | DOI: 10.30997/jsh.v1i1.75

Abstract

Agricultural sector in a wide perspective (food crop, animal husbandry, mixed farming) is very potential in helping Indonesian people cope with the effects of global and national economic crisis. The optimization of agricultural potential can lead people in rural areas to food sovereignty and at least reduce hunger. The concept of gender and family empowerment is seen as an entry point to poverty eradication a family is the smallest institution in a society and partnership cooperation between male and female in a family is a foundation for the achievement of family prosperity. Public prosperity is achieved when family prosperity is. Therefore, this study was done in order to assess the characteristics of farmer families seen from various aspects. Results showed that most proportion of husband-wife groups were middle-aged and had highest educational level of elementary school. More than half of husband respondents (61.3% in Tasikmalaya Regency and 60.0% in Ciamis Regency) worked as farmers. More than half of wife respondents (61.3% in Tasikmalaya Regency and 60.0% in Ciamis Regency) were housewives. The highest percentage of respondents (64.0%) had 1-4 family members with total income of less than Rp500,000 per month and an average income of Rp766,421. The highest proportion of respondents spent Rp 183,289 (in Tasikmalaya Regency) and Rp157,857 (in Ciamis Regency) per month for household appliance repair. The highest percentage of respondents (29.3%) stated that individual as source of loan. The most common problem faced by respondents in Tasikmalaya and Ciamis Regencies was financial problem and the least common was food availability. Respondents in Tasikmalaya Regency faced family problems more often than those in Ciamis Regency. The strategy most commonly applied by families in both regencies to save expenses was buying cheaper food. There was a positive relationship between wife age (r = 0.204; p = 0.012), husband age (r = 0.240; p = 0.003), and wife education (r = 0.212; p = 0.009) and family problems. A positive relation was also found between husband education and coping strategy applied (r = 0.163; p =0.046). Number of family member had a positive correlation with amount of debt (r = 0.243; p = 0.003) indicating the more members a family had, the more debt the respondent had.
PENGARUH FAKTOR-FAKTOR KEPUASAN KERJA TERHADAP KOMITMEN ORGANISASI PADA MTS DAN SMK Airahmawati, Airahmawati; Sudarijati, Sudarijati; Harini, Sri
Jurnal Sosial Humaniora Vol 9, No 1 (2018): APRIL
Publisher : Universitas Djuanda Bogor

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (723.459 KB) | DOI: 10.30997/jsh.v9i1.1378

Abstract

Penelitian ini bermaksud memverifikasi pengaruh faktor-faktor kepuasan kerja terhadap komitmen organisasi pada MTs dan SMK Terpadu YAPISA Megamendung Kabupaten Bogor. Penelitian ini digolongkan pada penelitian yang bersifat verifikatif serta deskriptif. Pengumpulan data dilakukan melalui cara menyebarkan kuesioner kepada 47 guru pada MTs dan SMK Terpadu YAPISA Megamendung-Kabupaten Bogor. Data primer dan sekunder adalah data yang dipakai pada penelitian ini. Hasil penelitian faktor-faktor kepuasan kerja secara bersama-sama berpengaruh signifikan serta positif terhadap komitmen organisasi pada MTs dan SMK Terpadu Yapisa Megamendung Kabupaten Bogor, secara parsial kepuasan pekerjaan, gaji, promosi, supervisi, rekan kerja serta kondisi kerja berpengaruh signifikan serta positif pada komitmen organisasi. Untuk penelitian berikutnya disarankan menganalisa berkaitan faktor-faktor yang akan menaikkan komitmen organisasi selain faktor-faktor kepuasan kerja yaitu pengalaman kerja, karakteristik pekerjaan, karakteristik struktur, interaksi tugas.

Page 1 of 30 | Total Record : 297