Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan
Vol 3, No 9: SEPTEMBER 2018

Media Permainan Kartu Domino untuk Meningkatkan Keterampilan Berhitung Konversi Pecahan Desimal Siswa Kelas IV

Firman Tsabbit Abqari (Pendidikan Dasar Pascasarjana Universitas Negeri Malang)
Edy Bambang Irawan (Pendidikan Matematika Universitas Negeri Malang)
Cholis Sa’dijah (Pendidikan Matematika Universitas Negeri Malang)



Article Info

Publish Date
01 Sep 2018

Abstract

Abstract: This research describe the usage of media player Domino Card to increase soft skills in a counting convertion fraction-desimal. The mathematics learning in elementary school expected the students skilled counting fraction-decimal. Media player of Domino Card arrange to increase skilled on convertion fraction-decimal and help student active on mathematic learning. This study is a classroom action research, conducted during two cycles. This action research consists of four steps, (1) planning, (2) acting, (3) observing, and (4) reflecting. Result of the research show with using Domino Card as media game, students skilled counting convertion fraction-decimal. Abstrak: Penelitian ini mendeskripsikan penggunan media permainan kartu Domino untuk meningkatkan keterampilan berhitung konversi pecahan-desimal. Pembelajaran matematika di sekolah dasar, diharapkan siswa terampil berhitung konversi pecahan-desimal. Media permainan kartu domino dirancang untuk meningkatkan keterampilan berhitung konversi pecahan-desimal dan membantu siswa aktif dalam belajar matematika. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan selama dua siklus. Penelitian tindakan ini terdiri dari empat langkah, yaitu (1) perencanaan, (2) pelaksanaan, (3) observasi, dan (4) refleksi. Hasil penelitian menunjukkan dengan menggunakan media permainan kartu domino siswa terampil berhitung konversi pecahan-desimal.

Copyrights © 2018






Journal Info

Abbrev

jptpp

Publisher

Subject

Education

Description

Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan (Education Journal: Theory, Research, and Development) is an electronic journal focuses on a scientific article concerning education issues in general published by Graduate School of Universitas Negeri Malang since January ...