Jurnal Mahasiswa Ilmu Pemerintahan
Vol 3, No 2 (2018)

KERJASAMA TIGA DAERAH DALAM PENGEMBANGAN PARIWISATA KAWASAN GUNUNG SEWU UNESCO GLOBAL GEOPARK TAHUN 2015-2017

Anggraini, Wildania ( Program Studi Ilmu Pemerintahan, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Brawijaya, Malang)
Rahayu, Restu Karlina ( Program Studi Ilmu Pemerintahan, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Brawijaya, Malang)
Damayanti, Ratnaningsih ( Program Studi Ilmu Pemerintahan, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Brawijaya, Malang)



Article Info

Publish Date
10 Dec 2018

Abstract

Kawasan Gunung Sewu UNESCO Global Geopark terletak di tiga wilayah di tiga provinsi yang berbeda yaiu Kabupaten Gunungkidul, Kabupaten Wonogiri dan Kabupaten Pacitan. Hal tersebut tidak terlepas dari pendanaan, promosi, sarana dan prasarana yang menunjang. Berkaitan dengan hal tersebut maka tujuan penelitian ini adalah mengetahui  pelaksanaan kerjasama antar daerah Kabupaten Gunung Kidul, Kabupaten Wonogiri dan Kabupaten Pacitan dalam pengembangan pariwisata kawasan Gunung Sewu UNESCO Global Geopark tahun 2015-2017  dengan menggunakan tiga aspek yaitu sharing of experiences, sharing of benefits, dan sharing of berdens. Serta mengetahui faktor pendorong kerjasama antar daerah tersebut. Dalam penelitian ini, metode penelitian yang digunakan yaitu deskriptif kualitatif. Penelitian tersebut, dapat dilihat bahwa dasar hukum yang digunakan kerjasama antar daerah ini khususnya dalam pengembangan pariwisata Kawasan Gunung Sewu UNESCO Global Geopark yaitu perjanjian maupun kesepakatan bersama yang dilakukan oleh Pemerintah Kabupaten Gunungkidul, Kabupaten Wonogiri dan Kabupaten Pacitan. Kerjasama antar daerah ini juga digunakan sebagai sarana berbagi pengalaman diantara daerah-daerah yang terlibat didalamnya. Selain itu kerjasama antar daerah tersebut juga menunjukkan adanya keuntungan yang didapat. Kerjasama yang dilakukan ketiga daerah menunjukkan sharing yang dilakukan sudah cukup baik diantara ketiganya.

Copyrights © 2018