Jurnal Sains Psikologi
Vol 7, No 2 (2018)

PERBEDAAN PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 5 LUMAJANG DITINJAU DARI TINGKAT PENDIDIKAN DAN POLA ASUH ORANG TUA

Arinta Nursetyasari (Universitas Negeri Malang)
Sudjiono Sudjiono (Universitas Negeri Malang)
Ike Dwi Astuti (Universitas Negeri Malang)



Article Info

Publish Date
12 Dec 2018

Abstract

ABSTRAK. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui perbedaan prestasi belajar siswa kelas VIII SMPN V Lumajang ditinjau dari tingkat pendidikan dan pola asuh orang tua. Subjek penelitian sebanyak 103 siswa diambil dengan tehnik simple random sampling. Data nilai rapor smester ganjil 2014/2015 dan sedangkan data pendidikan orang tua dikumpulkan dengan tehnik dokumentasi, Sedangkan dat pola asuh orang tua digunakan skala pola asuh,orang tua dengan tingkat reliabelitas sebesar 0,725 Teknik diskriptif dan two way anova digunakan untuk analisis data dalam penelitian ini. Hasil analisis diskriptif diperoleh informasi bahwa; (1) sebagian besar prestasi belajar siswa dalam kategori rendah, (2) sebagian besar tingkat pendidikan orang tua siswa adalah pendidikan dasar yakni lulus SD dan SMP; (3) sebagian besar siswa kelas mendapatkan pola asuh yang bersifat negatif yaitu pola asuh neglect, otoriter, dan indulgent. Berdasarkan hasil uji hipotesis ditemukan bahwa (1) tidak ada perbedaan prestasi belajar siswa ditinjau dari tingkat pendidikan orang tua; (2) terdapat perbedaan prestasi belajar siswa ditinjau dari ke duanya yakni pola asuh dan pendidikan orang tua.Kata Kunci: tingkat pendidikan orang tua, pola asuh orang tua, prestasi belajarDOI : http://dx.doi.org/10.17977/um023v7i22018p143

Copyrights © 2018