Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Vol 3, No 4 (2018): OKTOBER 2018

PELAKSANAAN PROGRAM REMEDIAL PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA DI SD NEGERI 29 BANDA ACEH

Sastriani Sastriani. (Unknown)
Said Darnius (Unknown)
Linda Vitoria (Unknown)



Article Info

Publish Date
11 Dec 2018

Abstract

Dalam proses pembeelajaran, Program remedial memiliki peranan penting untuk peserta didik yang sulit pada bidang study math. Tujuan penelitian untuk mengetahui pelaksanaan program remedial pada bidang study math di Sekolah Dasar Negri 29 Banda Atjeh. Menggunakan Pendekatann kualitatif serta bentuk penelitian deskriptiif. Sumbeer pengambilan data didapat dengan observasi dan wawancara Subjeek dalam peneliitian ini adalah guru kelas IVa, IVb, Va, serta Vb SD Negeri 29 Banda Aceh yang berjumlah 4 orang guru. Selanjutnya data observasi dan wawancara diolah secara deskriptif.  Hasil peneliitian ini menuunjukkan bahwa dari data observasi dan wawancara dari perencanaan, guru mengidentifikasi peserta didik yang mengalami kendala belajar berdasarkan nilai ulangan math saja. Pelaksanaan program remedial dilakukan saat jam pelajaran biasa dan dilakukan dengan peserta didik yang memiliki skor evaluasi math di bawah KKM. Faktor pendukung meliputi keinginan peserta didik mengikuti remedial untuk membantu menuntaskan remedial yang belum mencapai KKM. Faktor penghambat meliputi terbatasnya waktu yang dimiliki untuk melaksanakan remedial. Hasil dari pelaksanaan program remedial pada bidang study math ialah hasil belajar peserta didik meningkat, walaupun tidak semua nilai peserta didik meningkat. Hal tersebut tidak dapat dijadikan tolak ukur meningkatnya hasil belajar peserta didik setelah mengikuti remedial.

Copyrights © 2018