Jurnal Teori dan Praksis Pembelajaran IPS
Vol. 3, No. 2

Internalisasi nilai karakter gotong royong dalam pembelajaran IPS untuk membangun modal sosial peserta didik

Eko Prasetyo Utomo (SMP Negeri Model Terpadu Bojonegoro)



Article Info

Publish Date
03 Dec 2018

Abstract

Gejala memudarnya modal sosial seperti kepercayaan, toleransi, kerjasama, solidaritas, gotong royong, dan musyawarah pada tingkat yang mengkhawatirkan. Tujuan penelitian ini adalah menggali proses dan makna internalisasi nilai karakter gotomg royong dalam pembelajaran IPS. Pendekatan dalam penelitian ini yaitu kualitatif dengan desain penelitian fenomenologi. Subyek penelitian ini adalah peserta didik SMP Negeri Model Terpadu Bojonegoro yang dipilih dengan menggunakan teknik purposive sampling. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik wawancara dan obeservasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa nilai karakter gotong royong diinternalisasikan dalam tiga tahap yaitu 1) transformasi; 2) transaksi; dan 3) transisternalisasi nilai. Proses internalisasi nilai karakter gotong royong dalam pembelajaran IPS melalui mediator keteladanan guru dan pengalaman belajar secara langsung melalui model pembelajaran, metode pembelajaran, bahan ajar, dan evaluasi pembelajaran. Perilaku berkarakter gotong royong yang diaktualisasikan dalam kehidupan sehari-hari di sekolah oleh peserta didik yaitu kerjasama, diskusi pemecahan masalah, tolong menolong, anti diskriminasi, dan anti kekerasan. Internalisasi nilai karakter gotong royong dalam pembelajaran IPS sangat penting dilakukan untuk mambangun modal sosial peserta didik di era globalisasi sekarang ini.DOI: 10.17977/um022v3i22018p088

Copyrights © 2018