Jurnal Teladan: Jurnal Ilmu Pendidikan dan Pembelajaran
Vol 1 No 1 (2016): Jurnal Teladan Vol.1 No.1 Mei 2016

PEMBELAJARAN BENCANA TANAH LONGSOR TERINTEGRASI DALAM MATERI GAYA DENGAN MEDIA TRANSVISI BERVISI SETS UNTUK SISWA KELAS IV SEKOLAH DASAR

Ifa Seftia R Widiyanti (Unknown)



Article Info

Publish Date
12 May 2016

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui minat belajar dan hasil belajar siswa pada materi gaya yang dikaitkan dengan bencana tanah longsor menggunakan media transvisi bervisi SETS (Science Environment Technology Social) untuk menambah pengetahuan siswa tentang bencana tanah longsor. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen. Implementasi media transvisi menggunakan desain posttest-only control design dengan subjek kelas IV SDN 1 Sendang Mulyo tahun ajaran 2010/ 2011. Kelas IV A sebagai kelompok eksperimen dan kelas IV B sebagai kelompok kontrol. Kelompok eksperimen menggunakan media transvisi yang dikembangkan oleh peneliti, sedangkan kelompok kontrol menggunakan buku ajar yang selama ini digunakan dalam pembelajaran. Hasil penelitian menunjukkan minat belajar dan hasil belajar siswa pada materi gaya terhadap bencana tanah longsor yang menggunakan media transvisi bervisi SETS lebih baik dari siswa yang menggunakan buku ajar dari guru.

Copyrights © 2016