Jurnal Teladan: Jurnal Ilmu Pendidikan dan Pembelajaran
Vol 3 No 2 (2018): Jurnal Teladan Vol.3. No.2 November 2018

ANALYSIS OF THE DIFFICULTY OF STUDENTS IN THE POINTS OF SEQUENCES AND SERIES OF CLASS X IPS SMA 1 BLORA

Imam Saifuddin (Unknown)
Zubaidi Zubaidi (Unknown)
Partono Partono (Unknown)
Moh. Nurdhuka (Unknown)



Article Info

Publish Date
16 Dec 2018

Abstract

Penelitian bertujuan untuk mengetahui kesulitan siswa ditinjau dari kesalahan mengerjakan soal menurut Bronwen Moore pada pokok bahasan barisan dan deret di SMA 1 Blora. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah kualitatif yang bersifat deskriptif. Subyek penelitian yang digunakan adalah kelas X IPS. Data berupa dokumen tes hasil pekerjaan siswa. Pengumpulan data dilakukan wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa kesulitan mengerjakan dikarenakan : a) siswa tidak paham sehingga tidak hafal rumus dengan baik dan benar; b) siswa tidak dapat membedakan rumus barisan/ deret aritmetika dengan barisan/ deret geometri; c) siswa tidak teliti dalam memahami soal yang ditanyakan. Solusi yang ditawarkan peneliti adalah dengan menggunakan langkah Polya.

Copyrights © 2018