PINUS: Jurnal Penelitian Inovasi Pembelajaran
Vol 1 No 1 (2015): Pijar Nusantara

MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PKn MENGGUNAKAN METODE KOOPERATIF TIPE JIGSAW SISWA SDN PANDANTOYO I KEC. NGANCAR

Suroso, Suroso (Unknown)



Article Info

Publish Date
15 Apr 2015

Abstract

Abstrak. Penggunakan Metode kooperatif tipe Jigsaw dalam meningkatkan hasil belajar PKn materi Kebebasan Berorganisasi. Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan langkah-langkah pembelajaran menggunakan metode kooperatif tipe Jigsaw, untuk mengetahui peningkatan aktivitas guru dan siswa dalam pembelajaran, dan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar PKn. Penelitian ini menggunakan jenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Hasil penelitian menunjukkan bahwa metode kooperatif tipe Jigsaw dapat meningkatkan hasil belajar PKn siswa kelas V. Oleh karena itu disarankan kepada guru kelas V untuk menggunakan metode kooperatif tipe Jigsaw   dalam pembelajaran PKn.   Kata Kunci: Konsep Organisasi, PKn, Metode Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw.

Copyrights © 2015






Journal Info

Abbrev

pinus

Publisher

Subject

Education

Description

Journal Pinus is a peer review journal published by Research institutions and community service, The University of Nusantara PGRI Kediri. The aim of the Journal is to facilitate scientific publication of the results of researches in Indonesia and participate to boost the quality and quantity of ...