Jurnal Manajemen dan Bisnis Indonesia
Vol 5 No 2 (2018): Jurnal Manajemen Bisnis Indonesia - Edisi Februari 2018

Analisis Pengaruh Buyer-Supplier Relationship terhadap Kualitas dan Total Biaya barang direct pada Perusahaan Dealer Alat Berat: Studi Kasus pada PT. X

Amanda, Lucya (Unknown)
Anwar, Rosiwarna (Unknown)



Article Info

Publish Date
01 Feb 2018

Abstract

PT. X ialah salah satu dealer alat berat terbesar didunia yang berlokasi di Indonesia. Tantangan bagi PT. X pada saat ini adalah bagaimana memastikan bahwa barang-barang Direct memiliki supply management yang dapat diandalkan. Terutama dalam mengadakan barang-barang direct yang berkualitas dan dengan total biaya perolehan yang minimal. Sebab sebagai perusahaan yang bergerak di bidang penjualan (dealership) kualitas barang dituntut untuk baik dan juga biaya perolehan barang hendaknya minimal agar PT. X mendapatkan keleluasaan dalam pengambilan marjin penjualan. Pada saat ini gejala yang ditemukan adalah adanya keluhan dari user (enjinir) yang memesan barang direct, yang menyatakan bahwa barang tersebut sering terdapat defect (cacat) ataupun spesifikasi yang dipesan tidak sesuai dengan yang diminta. Jumlah retur  juga semakin meningkat atas barang-barang direct tersebut. Berdasarkan studi literatur dan jurnal, salah satu usaha untuk meningkatkan kualitas barang dan menurunkan total biaya perolehan adalah dengan membina buyer-supplier relationship. Hal ini sesuai dengan karakterisik perusahaan dealership  yaitu dapat berusaha untuk meningkatkan kualitas dengan cara meningkatkan aspek diluar sisi produksi fisik barang tersebut seperti dari sisi relasi dengan pemasoknya. Oleh sebab itu, akan diteliti lebih lanjut pengaruh antara buyer-supplier relationship dengan kualitas dan total biaya perolehan barang demi meningkatkan supply management yang baik bagi PT. X. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif, dengan pengolahan data menggunakan regresi linear serta secara kualitatif dengan melakukan interview kepada pihak-pihak terkait penelitian ini.   Kata Kunci: Supply Management, Buyer-supplier relationship, Kualitas, Total Biaya, Regresi linear

Copyrights © 2018






Journal Info

Abbrev

jurnal

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance Social Sciences Other

Description

Jurnal Manajemen Bisnis Indonesia (JMBI), ISSN 2597-6230 online ; 2338-4557 print , diterbitkan sejak tahun 2013 oleh Pengurus Pusat Asosiasi Forum Manajemen Indonesia (FMI). Terbit secara berkala 3 (tiga) kali dalam 1 tahun, dengan frekwensi penerbitan di bulan Februari, Juni, dan ...