Jurnal Manajemen dan Bisnis Indonesia
Vol 5 No 3 (2018): Jurnal Manajemen Bisnis Indonesia - Edisi Juni 2018

Nilai-nilai Kepemimpinan Sunda: Definisi dan Model Konseptual

Mulyani, Mulyani (Unknown)
Ratnapuri, Chyntia Ika (Unknown)



Article Info

Publish Date
01 Jun 2018

Abstract

Manusia tidak dapat dipisahkan dari budaya mereka, dalam hal kepemimpinan pengaruh budaya telah terbukti, oleh karena itu suatu teori kepemimpinan tidak dapat diterapkan secara serta merta kepada masyarakat tertentu yang mungkin memiliki budaya yang berbeda. Sebagai salah satu referensi kepemimpinan dalam budaya Timur, khususnya Indonesia, salah satunya adalah Sunda. Dalam hal kepemimpinan, budaya Sunda memiliki banyak nilai Kesundaan yang diterapkan dalam prinsip-prinsip kehidupan seorang pemimpin. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi nilai-nilai kepemimpinan Sunda dan membangun konseptual Model dari Kepemimpinan Sunda melalui kajian literatur dan observasi langsung. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa kepemimpinan Sunda didasari oleh 3 dimensi dasar budaya Sunda yaitu Silih Asih, Silih Asah, dan Silih Asuh. Dimensi kepemimpinan budaya Sunda ini memiliki banyak faktor-faktor nilai yang melekat didalamnya. Seorang pemimpin yang baik dan ideal dalam pandangan Sunda adalah pemimpin yang kepemimpinannya memiliki sifat-sifat Animan, Rajeun, Leukeun, Purusa Ningsa, Widagda, Gapitan, Karawaléya, Asih,karunya, Mahiman, Lagiman, Prapti, Prakamya, Istiwa, Wasitwa, Emét, Imeut, Morogol-rogol, Cangcingan, Langsitan/Rapekan,Ahiman, Paka Pradana, Guna, Ramah, Hook, Pesok, Mupreruk, Ngulas, Nyecep, dan Ngala Angen. Tiga dimensi dasar budaya Sunda beserta dengan nilai dan faktor budaya yang melekat didalamnya inilah yang menjadi acuan serta panutan gaya kepemimpinan yang ideal dan dianggap memiliki kualitas kepemimpinan yang baik   Kata Kunci: Kepemimpinan, Kepemimpinan Sunda, Model Kepemimpinan, Nilai Kepemimpinan Sunda

Copyrights © 2018






Journal Info

Abbrev

jurnal

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance Social Sciences Other

Description

Jurnal Manajemen Bisnis Indonesia (JMBI), ISSN 2597-6230 online ; 2338-4557 print , diterbitkan sejak tahun 2013 oleh Pengurus Pusat Asosiasi Forum Manajemen Indonesia (FMI). Terbit secara berkala 3 (tiga) kali dalam 1 tahun, dengan frekwensi penerbitan di bulan Februari, Juni, dan ...