Jurnal Kreatif Tadulako Online
Vol 5, No 11 (2017): Jurnal Kreatif Tadulako Online

Meningkatkan Hasil Belajar Penjumlahan Dan Pengurangan Bilangan Bulat Melalui Metode Diskusi Pada Siswa Kelas IV SDN Baleura

Taula, Benalemba (Unknown)
Amri, Baso (Unknown)
Tandiayuk, Marinus Barra (Unknown)



Article Info

Publish Date
27 Dec 2018

Abstract

Penelitian tindakan kelas ini dilakukan pada siswa kelas IV SD Negeri Baleura Tahun Pelajaran 2013/2014, dikarenakan adanya permasalahan yaitu hasil belajar mata pelajaran matematika khususnya pada materi penjumlahan dan pengurangan bilangan bulat masih rendah. Melalui metode diskusi permasalahan ini dicoba untuk diperbaiki dan ditingkatkan. Tujuan Penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar penjumblahan dan pengurangan bilangan bulat melalui metode diskusi pada Siswa Kelas IV SDN Baleura tahun pelajaran 2013/2014. Prosedur penelitian ini dilakukan sebanyak dua siklus. Langkah-langkah dalam setiap siklus terdiri dari empat tahap yaitu tahap perencanaan (planning), pelaksanaan tindakan (acting), pengamatan (observing) dan refleksi (reflecting). Pada tahap observasi, observer dan peneliti melakukan pengumpulan data dengan melakukan pengamatan terhadap aktivitas siswa dan guru dalam proses pembelajaran. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada saat proses pembelajaran pada indikator keaktifan siswa siklus I 60,71% menjadi 92,85% pada siklus II meningkat 32,14%. Aktivitas guru pada siklus I 84,37% dalam kriteria baik menjadi 96,87% dalam kriteria sangat baik pada siklus II. Hasil belajar siswa pada tes akhir presentasi siswa tuntas belajar pada kondisi awal 26,32% menjadi 68,42% pada siklus I dan meningkat menjadi 89,47% pada siklus II. Daya serap klasikal juga mengalami peningkatan dari 57.89% pada kondisi awal menjadi 60,53% pada siklus I dan pada siklus II menjadi 82,89%. Kata Kunci: metode diskusi, penjumlahan dan pengurangan bilangan bulat, hasil belajar.

Copyrights © 2017