Jurnal Kreatif Tadulako Online
Vol 6, No 10 (2018): Jurnal Kreatif Tadulako Online

Peningkatan Hasil Belajar IPS Melalui Pembelajaran Think Pair Share (TPS) Pada Siswa Kelas IV di SDIT Persis

Kasno, Kasno (Unknown)



Article Info

Publish Date
27 Oct 2018

Abstract

ABSTRAK Penelitian dalam skripsi ini dilatarbelakangi oleh pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial di SDIT (Sekolah Dasar Islam Terpadu) Persis dianggap membosankan bagi siswa karena cakupan materinya yang cukup luas dan aktifitas dalam proses pembelajaran kebanyakan didominasi oleh guru dan kurang melibatkan keaktifan siswa, selama ini metode mengajar yang sering digunakan oleh guru kurang variatif. Menyikapi permasalahan tersebut, perlu dikembangkan model pembelajaran yang tepat dan efektif. Penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (Class Action Research) sebanyak dua siklus. Setiap siklus terdiri dari empat tahap yaitu  perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Teknik yang digunakan dalam mengumpulkan data: tes, observasi, dan dokumentasi. Hasil Penelitian menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran tipe Think Pair Share (TPS) dapat meningkatkan hasil belajar Ilmu Pengetahuan Sosial pada siswa. Hal ini dibuktikan dengan adanya peningkatan hasil ketuntasan belajar klasikal siswa. Pada pelaksanaan pre test (tes awal) hanya 25%, meningkat pada siklus I yakni sebesar 46,43% dan pada siklus II meningkat menjadi 75%. Nilai hasil belajar ini berada pada tingkat keberhasilannya berada pada kriteria yang sangat baik. Hal ini menunjukan peserta didik telah mampu menguasai materi. Sedangkan indikator proses pembelajaran adalah aktifitas pendidik dan peserta didik. Aktifitas pendidik atau peneliti pada siklus I adalah 78,33% kemudian meningkat pada siklus II menjadi 90%. Sedangkan aktifitas peserta didik pada siklus I adalah 73,07%, dan pada siklus II meningkat menjadi 86,54%. Hal ini menunjukkan bahwa aktifitas pendidik dan peserta didik menunjukkan pada kriteria yang sangat baik.  Kata Kunci: Model Pembelajaran tipe Think Pair Share , Hasil Belajar Ilmu Pengetahuan Sosial.

Copyrights © 2018