Jurnal Pendidikan Ilmu Sosial
Vol 27, No 2 (2018)

PEMBINAAN PENGETAHUAN MORAL PANCASILA SISWA SEKOLAH DASAR MELALUI MODEL SCAFFOLDING WRITING

Nuryana, Yana (Unknown)
Ayuningtyas, Riva (Unknown)
Nabillah, Rokhmatun (Unknown)
Dahliyana, Asep (Unknown)



Article Info

Publish Date
31 Dec 2018

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan kehidupan abad 21 pada siswa sekolah dasar yang berlandaskan Pancasila melalui model scaffolding writing. Model scaffolding writing merupakan pembelajaran multiliterasi yang terdiri dari tahapan berikut: (1) pra-menulis; (2) menulis; dan (3) pasca menulis. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode pra eksperimen desain one group pretest posttest. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan model scaffolding writing mampu meningkatkan pengetahuan moral Pancasila siswa sebesar 1,08 (selisih hasil pretest dan posttest). Peningkatan pengetahuan moral siswa dapat dilihat pada saat siswa menuliskan contoh dan mengklasifikasikan kegiatan yang berhubungan dengan Pancasila, memberikan alasan dari kegiatan yang sudah digolongkan, dan membuat rencana kegiatan yang akan dilakukan.

Copyrights © 2018






Journal Info

Abbrev

jpis

Publisher

Subject

Education Social Sciences

Description

JPIS (Jurnal Pendidikan Ilmu Sosial (English: Journal of Social Sciences Education)) publishes high-quality manuscripts on research in the fields of social science education and social sciences. As for those included in the social science family is Geography, History, Sociology, Economics and ...