Jurnal Edukasi Universitas Jember
Vol 4 No 1: Maret 2017

Metode Resitasi Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Pada Mata Kuliah  Dasar-Dasar Pemrograman Komputer

Tatik Retno Murniasih (Universitas Kanjuruhan)
Trija Fayeldi (Universitas Kanjuruhan)



Article Info

Publish Date
20 Jul 2017

Abstract

Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan langkah-langkah pembelajaran dengan menggunakan metode resitasi untuk meningkatkan pemahaman konsep mahasiswa pada Mata Kuliah Dasar-dasar Pemrogaman Komputer. Subyek penelitian adalah mahasiswa kelas 2015B Universitas Kanjuruhan Malang sebanyak 35 orang. Metode pada penelitian ini adalah tes, pengamatan, wawancara dan dokumentasi. Jenis penelitian adalah Penelitian Tindakan Kelas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terjadi peningkatan pemahaman konsep mahasiswa pada tindakan I sebesar 71,43% menjadi 85,71% pada tindakan II. Hasil observasi pembelajaran menunjukkan terjadi peningkatan dari 79,75% pada tindakan I meningkat menjadi 82,75% pada tindakan II. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan metode resitasi dapat meningkatkan pemahaman konsep mahasiswa pada matakuliah dasar pemrogaman komputer. Kata Kunci : konsep, metode, pemrogaman, dan resitasi

Copyrights © 2017