AGRIEKONOMIKA
Vol 7, No 2: Oktober 2018

Dinamika Generasi Muda Pertanian dalam Pemilihan Usahatani Tanaman Pangan

Ronaldus Don Piran (Program Studi Magister Ekonomi Pertanian Sekolah Pascasarjana Universitas Tribhuwana Tungga Dewi, Malang)
Agnes Quartina Pudjiastuti (Program Studi Magister Ekonomi Pertanian Sekolah Pascasarjana Universitas Tribhuwana Tungga Dewi, Malang)
Dyanasari Dyanasari (Program Studi Magister Ekonomi Pertanian Sekolah Pascasarjana Universitas Tribhuwana Tungga Dewi, Malang)



Article Info

Publish Date
03 Jan 2019

Abstract

Saat ini semakin sedikit orang (generasi muda) yang tertarik untuk bekerja di sektor pertanian, sehingga perlu ada perubahan paradigma melalui penyadaran generasi muda pertanian tentang ketahanan pangan. Tujuan dari penelitian ini adalah menganalisis pengaruh faktor-faktor internal dan eksternal terhadap persepsi generasi muda pertanian tentang ketahanan pangan dan pemilihan usahatani tanaman pangan. Sampel ditentukan dengan teknik stratified random sampling sebesar 100 orang generasi muda pertanian di Kecamatan Pakis Kabupaten Malang, yang terdiri dari 30 taruna bumi, 30 taruna tani dan 40 petani muda. Data dianalisis dengan Structural Equation Modelling teknik Partial Least Squares. Hasil penelitian menunjukkan bahwa faktor eksternal generasi muda pertanian berpengaruh siginifikan terhadap persepsi generasi muda pertanian tentang ketahanan pangan. Persepsi generasi muda ini berpengaruh signifikan terhadap pemilihan usahatani tanaman pangan.

Copyrights © 2018






Journal Info

Abbrev

agriekonomika

Publisher

Subject

Agriculture, Biological Sciences & Forestry Economics, Econometrics & Finance

Description

AGRIEKONOMIKA, terbit dua kali dalam setahun yaitu pada April dan Oktober yang memuat naskah hasil pemikiran dan hasil penelitian bidang sosial, ekonomi dan kebijakan pertanian dalam arti ...