Procediamath
Vol 1, No 2 (2018)

IMPLEMENTASI BLENDED LEARNING PADA MATA KULIAH GEOMETRI TRANSFORMASI

Dian Nataria Oktaviani (Universitas Pancasakti Tegal)
Rizqi Amaliyakh Sholikhakh (Universitas Pancasakti Tegal)
herani tri lestiana (IAIN Syekh Nurjati Cirebon)



Article Info

Publish Date
17 Oct 2018

Abstract

Proses perkuliahan di program studi Pendidikan matematika belum mengintegrasikan komponen e-learning. Penggunaan teknologi dalam perkuliahan pun masih jarang. Dengan pengintegrasian LMS Moodle dalam perkuliahan tatap muka, akan menunjang terbentuknya blended learning. Adanya implementasi Blended learning pada mata kuliah Geometri transformasi diharapkanĀ  keaktifan mahasiswa semakin meningkat..Penelitian pengembangan pada penelitian ini merujuk pada model pengembangan ADDIE (Analyze, Design, Develop, Implement, Evaluation). Penelitian ini pada tahap Implement (Implementasi), yaitu menguji cobakan produk di lapangan untuk mengetahui pencapaian tujuan pengembangan produk.Implementasi Blended learning pada mata kuliah Geometri transformasi diharapkanĀ  keaktifan mahasiswa semakin meningkat. Hal ini dapat terlihat pada presentase mahasiswa yang berpartisipasi pada kelas LMS moodle nya atau dalam blended learning; grader report serta perbedaan nilai geometri transformasi. Diharapkan dalam mengimplementasi Blended learning akses jaringan internet yang tersedia harus memadai sehingga tidak menghambat proses login ke sistem LMS Moodle.

Copyrights © 2018