Strategi pemasaran yang dirancanga denganmemperhitungkan faktor perilaku dari konsumennya, akanmenghasilkan rancangan strategi yang lebih baik. Perilakukonsumen, pada umumnya dapat dibedakan menjadi faktorinternal dan faktor eksternal. Faktor internal dapat berupamotivasi, sikap, sumber daya konsumen, dan pengetahuansedangkan faktor eksternal yaitu rekomendasi, budaya, kelassosial dan situasi.Objek penelitian ini adalah salah satu produk jasayaitu preschool. Pada penelitian ini diuji suatu model penelitian,untuk mengetahui apakah variabel Motivasi, Sikap, SumberDaya Konsumen, Pengetahuan, Rekomendasi, Budaya, KelasSosial, dan variabel Situasi tersebut mempengaruhi variabelKeputusan Pemilihan Preschool. Berdasarkan hasil pengolahandata menggunakan AMOS ver 6.0, didapatkan urutan variabelyang memiliki pengaruh mulai yang terbesar terhadap variabelKeputusan Pemilihan Preschool adalah variabel Rekomendasi,Pengetahuan, Motivasi, Sikap, Budaya, dan Sumber DayaKonsumen.Berdasarkan variabel-variabel yang berpengaruhtersebut, dirancang suatu usulan strategi pemasaran denganmenggunakan bauran pemasaran 7P, yaitu : Place, Price,Promotion, Product, People, Physical Evidence, dan Process.Strategi pemasaran yang diusulkan adalah : personnel selling,advertising, sponsorship (Promotion); pemakaian seragam untukseluruh staff, lingkungan sekolah yang bersih, bangunan yangdidesain sesuai karakter anak-anak, brosur yangmenggambarkan karakteristik jasa (Physical evidence);kemudahan akses informasi melalui nonlocational place yaitulayanan telepon atau internet (Place); fasilitas-fasilitastambahan, kurikulum yang berhubungan dengan nilai-nilaiagama (Product); sikap setiap staff yang ramah ketikaberinteraksi dengan konsumen (People); kemudahan prosedurpendaftaran (Process).
Copyrights © 2017