cover
Contact Name
Ventje Jeremias Lewi Engel
Contact Email
ventje@ithb.ac.id
Phone
-
Journal Mail Official
dina_angela@ithb.ac.id
Editorial Address
-
Location
Kota bandung,
Jawa barat
INDONESIA
Jurnal Telematika
ISSN : 18582516     EISSN : 25793772     DOI : -
Jurnal Telematika is a scientific periodical written in Indonesian language published by Institut Teknologi Harapan Bangsa twice per year. Jurnal Telematika publishes scientific papers from researchers, academics, activist, and practicioners, which are results from scientific study and research in the field of telematics and information technology.
Arjuna Subject : -
Articles 215 Documents
ALGORITMA TPDA DAN TPDA Π SEBAGAI ALTERNATIF STRUKTUR BAYESIAN NETWORK Ivan Michael Siregar
Jurnal Telematika Vol 5, No 1 (2009)
Publisher : Institut Teknologi Harapan Bangsa

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Knowledge discovery in databases (KDD) merupakanproses pencarian pengetahuan bermanfaat dari data menggunakanteknik komputasi. Salah satu langkah khusus dalam KDD adalahdata mining, yaitu aplikasi algoritma spesifik untuk mengekstrakpola/model dari data. Salah satu representasi model data miningadalah Bayesian Network (BN). BN digunakan untukmerepresentasikan pengetahuan tentang hubungankebebasan/kebergantungan diantara variabel. BN terdiri daristruktur yang merepresentasikan pengetahuan secara kualitatifdan parameter yang merepresentasikan pengetahuan secarakuantitatif. Ada dua poendekatan untuk mengkonstruksi strukturBN dari data, yaitu metode analisis dependensi dan metode search scoring. Tujuan utama tugas akhir ini adalah melakukan studidan implementasi dari Algoritma TPDA dan TPDA-π untukmengkonstruksi struktur BN dari data.
EFEKTIFITAS SUMBER PENGETAHUAN DALAM ORGANISASI (Knowledge Management Systems Strategy) Indra Gamayanto
Jurnal Telematika Vol 5, No 1 (2009)
Publisher : Institut Teknologi Harapan Bangsa

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Pengetahuan merupakan hal yang sangat pentingdalam pengembangan organisasi dalam menghadapi erateknologi informasi. Informasi yang diolah dengan efektif akansangat bermanfaat dalam peningkatan efektifitas di dalamorganisasi. Organisasi dalam hal ini harus dapatmengembangkan secara konsisten dalam mengelola informasiyang di dapatnya untuk dapat memanfaatkannya secara efektifagar tercipta suatu aliran informasi yang benar-benardibutuhkan oleh organisasi atau perusahaan dalam menghadapiera persaingan dalam globalisasi. Seperti yang dikatakan olehMicrosoft Corporation yang merupakan salah satu perusahaansoftware terbesar di dunia-pengetahuan bersembunyi di pikiranorang dalam proses-proses perusahaan; menemukan danmengucurkannya dalam sumber pengetahuan di perusahaanatau organisasi anda adalah merupakan gebrakan awal.
PENGUKURAN PROPAGASI RADIO AKSES DI AREA BANDUNG TENGAH DALAM KAITANNYA DENGAN MODEL OKUMURA-HATA & COST-231 Dina Angela; Tunggul A Nugroho
Jurnal Telematika Vol 5, No 1 (2009)
Publisher : Institut Teknologi Harapan Bangsa

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Pada sistem transmisi radio komunikasi bergerakyang dilayani biasanya berupa daerah yang tidak teraturpermukaannya. Oleh karena itu diperlukan perhitungan yangcukup rumit untuk memperkirakan redaman lintasannya.Beberapa model propagasi yang akan dikemukakan dibawah inilayak untuk memperkirakan redaman lintasan sepanjangpermukaan daerah yang tidak teratur. Kebanyakan modelmodelpropagasi ini didapatkan dari data hasil pengukuran yangdilakukan dalam jumlah besar dan cukup lama. Penelitian inidilakukan untuk menganalisis keadaan propagasi di kotaBandung dengan menerapkan beberapa model propagasi, yaitumodel Okumura-Hata dan model COST-231. Hasilperhitungannya dibandingkan dengan hasil pengukuranlangsung di lapangan. Pengukuran dilakukan di kota BandungTengah, yaitu daerah dago dan sekitarnya dan dilakukanterhadap layanan GSM.
Anteseden Keberhasilan Eksekusi Strategi: Sebuah Model dan Proposisi Berdasarkan Studi Kasus di Industri Telekomunikasi Samuel Tarigan
Jurnal Telematika Vol 6, No 1 (2010)
Publisher : Institut Teknologi Harapan Bangsa

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Executing strategy is often more difficult than formulating it, and executional capability will eventually separate a firm’s performance than its competitors’. Despite its importance, research on strategy implementation has been limited and fragmented (Hrebiniak, 2006). Through a case study on two Indonesian telecommunication companies, as well as literature review, the author suggests the proposition that ‘hard factors’ such as organizational structure and control system, as well as ‘soft factors’ such as empowerment and corporate culture, play important roles in determining the success of strategy execution. To test the propositions, the paper also suggests a conceptual model that can be used in future research, in order to better understand the influence of the four antecedents on the success of strategy implementation.
PERENCANAAN SISTEM INFORMASI MANAJEMEN ANTAR DEPARTEMEN DALAM MEWUJUDKAN SISTEM ENTERPRISE Tamsir H Sirait
Jurnal Telematika Vol 5, No 1 (2009)
Publisher : Institut Teknologi Harapan Bangsa

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

In this paper i would try to study about interdepartmental information system planning that is concern with how to use the information to supporting the business process ofcompany with enterprises characteristic. Ordinary, each ofexisting department in company use their information systemwith their platform, it difficult for top management to using theinformation form each department while they want to create thestrategic decision for company in the future. So, it is time tocreate the information system planning for company in the betterway. But, in the advance, each of company members or elementsmust be give the participation to gain the purpose. With the goodplanning of information system for inter-departmental had donethe company would get the relevance advantage for the companylife cycle.Dalam paper ini saya akan mencoba membahasperencanaan sistem informasi antar manajemen yang berkaitandengan bagaimana informasi tersebut dimanfaatkan untukmendukung bisnis proses perusahaan yang bersifat enterprise.Seringkali setiap departemen-departemen yang ada diperusahaan mempunyai platform sendiri-sendiri terhadap sisteminformasi manajemennya, yang pada akhirnya informasi yangdihasilkan masing-masing departemen akan mengalamikesulitan apabila nantinya akan dipakai oleh majemen leveltinggi untuk mengambil langkah-langkah stategis padaperusahaan. Untuk itulah perencanan yang matang harus dibuatsebaik mungkin. Akan tetapi pada kelanjutannya perencanaantersebut setiap anggota/elemen didalam perusahan (semua areafungsional) diharapkan dapat berpartisipasi untukmewujudkannya. Dengan adanya perencanan sistem informasiyang baik antar departemen, maka nantinya perusahan tersebutpada akhirnya akan mendapatkan keuntungan yang lebih baikyang menyangkut kelangsungan hidup perusahaan.
METODE PENJAMINAN KUALITAS PADA TEKNOLOGI CLOUD COMPUTING Sinung Suakanto
Jurnal Telematika Vol 7, No 1 (2011)
Publisher : Institut Teknologi Harapan Bangsa

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Saat ini cloud computing dikenal sebagai teknologi baru yang mengembangkan teknologi grid dengan menerapkan teknik virtualisasi sebagai sumber untuk melakukan komputasi. Teknologi ini mempunyai filosofi bahwa sumber komputasi, penyimpanan dan lain-lain tidak perlu lagi dilakukan di masing-masing client. Akan tetapi semuanya dapat dikerjakan di suatu server yang berada di jaringan internet (cloud). Untuk mendukung teknologi ini diperlukan sebuah jaringan akses internet yang berkecepatan tinggi untuk mendukung transmisi data dengan cepat. Teknologi ini mempunyai kendalaperformansi sehubungan dengan performansi jaringan akses yang digunakan serta performansi di sisi server sendiri. Metode penjaminan kualitas diperlukan untuk memberikan jaminan bahwa setiap pengguna dapat menggunakan aplikasi atau layanan cloud computing sesuai dengan kesepakatan layanan atau service level agreement. Paper ini berfokus pada review beberapa penelitian yang telah membangun metode penjaminan kualitas pada teknologi cloud computing atau sejenis. Dari beberapa review paper tersebut maka paper ini juga mengusulkan arsitektur metode penjaminan kualitas pada teknologi cloud computing. Nowadays, Cloud computing known as new technology that develop grid technology with  virtualization as computation resource. It has philosophy that computation resource, storage, etcwould not compute at each client but compute at server on internet cloud. To realize this technology, it needs internet access with broadband bandwidth and high speeds network for faster data transmissions. Implementation of this technology limited on network access bandwidth and also server performance itself. Quality of Service (QoS) guarantee method was needed to realizeservice that responding to the service level agreement (SLA). This paper focused at reviewed  some research finding at developing Quality of Service (QoS) on cloud computing or similar method. At the end, we also propose new approach for Quality of Service guarantee architecture on cloud computing.
Pengaruh Informasi Real-Time pada Kecepatan Keputusan Stratejik dan Konsensus di Lingkungan High Velocity Samuel Tarigan
Jurnal Telematika Vol 8, No 2 (2013)
Publisher : Institut Teknologi Harapan Bangsa

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Kecepatan keputusan stratejik dan konsensus telah diidentifikasi sebagai faktor yang mempengaruhi kinerja perusahaan [5, 38]. Sesuai dengan perspektif parallel information processing model [15], penelitian kualitatif [20] menunjukkan bahwa informasi real-time membantu eksekutif di industri high velocity mengambil keputusan stratejik dengan cepat. Penelitian ini dilakukan untuk mengkonfirmasi temuan-temuan tersebut, dalam konteks yang baru di Indonesia, serta untuk memahami apakah kecepatan keputusan dan konsensus dapat dicapai secara bersamaan. Studi ini melibatkan 156 responden yang merupakan manajemen puncak di industri telekomunikasi, media, dan IT di Indonesia. Hasil kuantitatif empirik menunjukkan bahwa informasi real-time meningkatkan kecepatan keputusan, konsensus, dan dukungan pada keputusan. Lebih penting lagi, penelitian ini menunjukkan bahwa kecepatan keputusan dan konsensus dapat dicapai secara bersamaan, dan keduanya akan meningkatkan dukungan para anggota tim manajemen puncak (TMP) terhadap keputusan stratejik yang diambil. Strategic decision speed and consensus have been previosly identified as determinants of firm performance [5, 38]. In line with the parallel information processing model [15], [20] showed that real-time information helps executives in high velocity industry make fast strategic decisions. This research was conducted to confirm those findings, within a new context in Indonesia, and whether decision speed and consensus can be achieved simultaneously. It involved 156 respondents who belong to the top management within the telecommunication, IT, and media sectors in Indonesia. The quantitative empirical evidence shows that real-time information has positive effects on strategic decision speed, consensus, and support for the decision. More importantly, this study demonstrates that decision speed and consensus can be achieved simultaneously and both will improve support for the strategic decision by members of the top management team (TMT).
KOMIK SI BUTA DARI GOA HANTU DALAM SAJIAN AUDIO VISUAL Deny Supratman
Jurnal Telematika Vol 7, No 1 (2011)
Publisher : Institut Teknologi Harapan Bangsa

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Perkembangan komik sebagai media hiburan atau pembelajaran berkembang pesat di abad 20. Penyajian cerita, ponokohan, desain (warna, komposisi, tipografi) dan teknik penggambaran berkembang pesan di jaman sekarang ini. Beredarnya komik-komik asal Jepang, Amerika atau Eropa memunculkan persaingan sengit di industry komik dunia, tidakterkecuali di Indonesia. Ironisnya komik local yang kita miliki sepertinya “mati suri” oleh hantaman komik yang dating dari luar. Bagaimana nasib karya-karya komik local, seperti Godam, Gundala, Si Buta dari Goa Hantu? Perlu adanya sebuah terobosan kreatif dan inovanif untuk menampilkan komikkomik tersebut, agar minimal diingat kembali bahwa komik local sempat merajai di Indonesia di era 70-an. Salah satunya menampilkan komik di era tahun tersebut dengan suguhan audio visual.
PENERAPAN SISTEM KLASIFIKASI ABC DAN KOMBINASI FORECASTING SEBAGAI PENDUKUNG KEPUTUSAN DI DALAM SISTEM INFORMASI PENGADAAN BARANG Ricky Effendi; Johan Oscar Ong; Arief Samuel Gunawan
Jurnal Telematika Vol 7, No 1 (2011)
Publisher : Institut Teknologi Harapan Bangsa

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Sistem pengendalian persediaan saat ini tidak mampu menyediakan informasi mengenai jumlah persediaan semua barang dalam waktu yang cepat. Sehingga pada saat perlu untuk memesan barang, bagian perencanaan tidak memiliki jumlah pembeliaan yang tepat dalam menentukan barang-barang yang akan dipesan. Pemesanan barang yang tidak tepat akan menimbulkan resiko terjadinya penyimpanan barang-barang yang menumpuk. Dengan munculnya permasalahan diatas, kita dapat membuat suatu pemecahan masalah dengan meramalkan pembeliaan barang untuk bulan selanjutnya dengan menggunakan metode pengolahan data seperti single moving average dan regresi pola konstan jika perhitungan yang dihasilkan stasioner, dan jika data perhitungan tersebut non stasioner kita dapat menggunakan metode Single ExponentialSmoothing. Setelah memperoleh jumlah pembeliaan untuk bulan berikutnya, klasifikasi barang dilakukan berdasarkan nilai investasi tertinggi untuk memperoleh perhatian khusus dalam pengelolaannya. Sistem informasi pengendalian persediaan dikembangkan untuk mendukung dalam mengelola inventori Inventory control system is not currently able to provide information about amount of inventory of all goods in quick time. So, in the need to order the goods, the plan does not have the right amount of buying in determining the items to be ordered. Incorrect ordering of goods will lead to the risk of storage of goods piling up. With the emergence of problems above, we can create a solution to the problem with predicting buying goods for the next month using a single method of data processing such as moving averages and the regression constant pattern if the calculation of the resulting stationary, and if the data are non stationary calculation we can use the method of Single Exponential Smoothing. After obtaining the number of purchasing for the next month, the classification of goods is based on the highest investment value to obtain special attention in its management. Inventory control information system developed to support the manage inventory.
MULTI-DOMAIN VOIP PEERING DENGAN JARINGAN OVERLAY Herry Imanta Sitepu
Jurnal Telematika Vol 6, No 1 (2010)
Publisher : Institut Teknologi Harapan Bangsa

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Jaringan VoIP yang terdiri dari multi domain membutuhkan mekanisme peering agar dapat melakukan routing panggilan dari satu domain ke domain yang lain. Kelemahan dari solusi VoIP peering yang digunakan saat ini adalah menggunakan arsitektur  client/server. Dalam jaringan SIP misalnya, DNS server digunakan sebagai penyedia layanan yang melakukan pencarian (lookup) alamat IP proxy server yang menangani domain tertentu. Arsitektur client/server memiliki masalah skalabilitas, selain ituserver dapat menjadi single point of failure. Penelitian ini mengusulkan sebuah solusi VoIP peering dengan menggunakan arsitektur terdistribusi yang menyediakan layanan lookup melalui sebuah jaringan overlay. Aplikasi ini membutuhkan protokol tabel hash terdistribusi (Distributed Hash Table) sebagai lapisan overlay. Penelitian ini mengusulkanpula UnoHop, algoritma DHT yang efisien dengan kinerja pencarian (lookup) satu hop. Hasil eksperimen memperlihatkan kinerja multi-domain VoIP dengan menggunakan UnoHop dapat beradaptasi dengan event join/leave dalam waktu yang singkat.Multi-domain VoIP network requires peering to allow call routing from one domain to other domains. The problem with current VoIP peering solution is because it uses client/server architecture. In the SIP network for example, the DNS server is usually used to provide services to lookup domain and locate the switching server in a domain. Client/server architecture is not scalable and the server can become the single point of failure. In this paper we propose a distributed architecture for VoIP peering solution by providing lookup services using overlay network. This particular application requires an efficient Distributed Hash Table (DHT) protocol as the overlay layer. We also present UnoHop, an efficient DHT algorithm with one hop lookup performance. Experiments shows that the performance of multi-domain VoIP using UnoHop is adaptable to the join/leave events with short time.

Page 1 of 22 | Total Record : 215