كانت المشكلات المركّبة ÙÙŠ عملية التعليم اللغة العربية أساسيا. وكانت العناصر الكثيرة تأثيرها إمّاالداخلية تشتقّ من الطلبة الذين Ù„Ø§ÙŠØØ§Ùزوا ÙˆÙ„Ø§ÙŠØØ¨Ù‘وا الدرس اللغة العربية، والعناصرالخارجية تشتقّ من Ø§Ù„ØØ§Ù„ات منها المدرّس وهو عنصر مهمّ كلاعب الابتدائ ÙÙŠ عملية التعليم اللغة العربية. وغير ذالك المادّة والوسائل Ø§Ù„Ø¥ÙŠØ¶Ø§Ø ÙŠØ³Ø§Ù‡Ù…Ø§Ù† على ØªØØ¯ÙŠØ¯ Ù†Ø¬Ø§Ø Ø¹Ù…Ù„ÙŠØ© التعليم.والوسائل Ø§Ù„Ø¥ÙŠØ¶Ø§Ø Ø¨Ø£Ù†ÙˆØ§Ø¹Ù‡ Ø§Ù„Ù…Ø®ØªÙ„ÙØ© منها سمعية، بصرية وسمعية بصرية تقديم لتسهيل ÙÙŠ عملية التعليم لأنه يستطيع أن يرغم تØÙيزية الطلبة ويعن٠الامتصاصية ÙˆØ§Ù„Ù…ØØªØ¬Ø²Ø§Øª الطلبة، ليساعد المدرس تبليغ الدرس Ø§Ù„Ù…ØØ³ÙˆØ³ للطلبة والأهدا٠ÙÙŠ تعليم اللغة العربية تتØÙ‚ّق شاملة. وكانت Ø§Ù„ÙˆØ¸ÙŠÙØ© ÙˆØ§Ù„ÙØ§Ø¦Ø¯Ø© والسهمة ÙÙŠ وسائل الإيضاØ.والوÙÙ‚ ÙÙŠ استخدام الواسائل Ø§Ù„Ø¥ÙŠØ¶Ø§Ø ÙŠØªØ¹Ù„Ù‘Ù‚ بالمادّة والغرض ÙÙŠ تعليم اللغة العربية. ولذالك ليست الوسائل Ø§Ù„Ø¥ÙŠØ¶Ø§Ø Ø§Ù„Ù…Ø¹ÙŠÙ†Ø© التي تلائم بجميع الØÙ„ات ÙÙŠ تعليم اللغة العربية ولكن تتÙÙ‚ Ø¨Ø§Ù„ØØ¬Ø§Øª ÙÙŠ تعليم اللغة العربية Ùˆ القدرة ÙÙŠ ØªØØ¶ÙŠØ±Ù‡Ø§ØŒÙ„ان الوسائل Ø§Ù„Ø¥ÙŠØ¶Ø§Ø Ù„Ø§ØªØªØØªÙ‘Ù… بالجنس الإلكترونك ولكن تستطيع بالجنس المتواضع. Pada dasarnya proses belajar mengajar bahasa Arab memiliki masalah yang komplek. Banyak faktor yang mempengaruhinya, baik secara interen maupun eksteren. Faktor intern berasal dari diri siswa, kebanyakan dari para siswa kurang termotivasi dalam belajar bahasa Arab dan bahkan banyak siswa yang juga tidak menyenangi pelajaran bahasa Arab. Sedangkan faktor eksteren berasal dari beberapa hal, guru menjadi salah satu faktor penting sebagai pemeran utama dalam proses pembelajaran. Selain itu sumber belajar dan media pembelajaran juga berperan dalam menentukan keberhasilan proses pembelajaran. Media pembelajaran dengan berbagai macam bentuknya baik berupa audio, visual maupun audio visual hadir untuk mempermudah proses belajar mengajar bahasa Arab karena dapat mendorong motivasi belajar siswa, dapat mempertinggi daya serap dan retensi siswa terhadap materi pelajaran, sehingga membantu para pengajar dalam menyampaikan materi yang bisa lebih konkrit diterima siswa sehingga tujuan pembelajaran bahasa Arab dapat tercapai secara maksimal. Media pembelajaran mempunyai fungsi, kegunaan dan peranan yang komplek dalam pembelajaran bahasa Arab. Cocok atau tidaknya penggunaan media tertentu dalam pembelajaran bergantung pada tujuan dan materi pembelajaran . Sehingga tidak ada media tertentu yang terbaik dan cocok untuk segala situasi dan kondisi pembelajaran, namun media yang cocok adalah media yang sesuai dengan kebutuhan pembelajaran dan ketersediaan media itu sendiri dalam sebuah lembaga pendidikan, karena penggunaan media pembelajaran tidak harus yang berjenis elektronik tetapi juga bisa berbentuk media sederhana yang ada.
Copyrights © 2018