Edu Sains: Jurnal Pendidikan Sains dan Matematika
Vol 6, No 2 (2018): VOLUME 6 NOMOR 2 DESEMBER 2018

EKSPERIMENTASI METODE STAD DAN TGT TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA DITINJAU DARI GAYA BELAJAR

Rizki Nurhana Friantini (STKIP Pamane Talino)



Article Info

Publish Date
22 Dec 2018

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Mana yang memberikan prestasi belajar matematika yang lebih baik, STAD atau TGT. (2) Mana yang memiliki prestasi belajar matematika yang lebih baik, siswa yang memiliki gaya visual, auditorial, atau kinestetik. (3) Pada setiap metode pembelajaran, mana yang memberikan prestasi lebih baik pada setiap gaya belajar. (4) Pada setiap gaya belajar, mana yang memberikan prestasi belajar matematika yang lebih baik, STAD atau TGT. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu dengan desain faktorial 2 × 3. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas VIII di SMP Negeri 1 Kuala Behe. Sampel berjumlah 63 siswa. Teknik analisis data adalah ANAVA dua jalan dengan sel-sel yang tidak sama. Hasil penelitian menunjukkan sebagai berikut. (1) Metode TGT memiliki prestasi belajar yang lebih baik daripada metode STAD. (2) Siswa dengan gaya belajar visual, auditorial, dan kinestetik memiliki prestasi belajar yang sama. (3) Pada siswa yang diajar dengan menggunakan STAD dan TGT, siswa dengan gaya belajar visual, auditorial, dan kinestetik memiliki prestasi belajar yang sama. (4) Pada siswa dengan gaya belajar visual, auditorial, dan kinestetik, metode TGT memiliki prestasi belajar yang lebih baik daripada metode STAD.

Copyrights © 2018






Journal Info

Abbrev

edusains

Publisher

Subject

Education

Description

Edu Sains: Jurnal Pendidikan Sains & Matematika (p-ISSN 2238-4387; e-ISSN 2580-3247) is peer-reviewed journal published biannually in June and December. The Journal is published by Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Palangka Raya ...