TEGAR: Journal of Teaching Physical Education in Elementary School
Vol 1, No 1 (2017): Teaching from the Perspective of Content Knowledge

Perbandingan Pengaruh Aktivitas Lompat Engklek Dengan Aktivitas Lompat Tali Terhadap Kemampuan Lompat Jauh

Wardani, Gumilar Dwi (Unknown)
mahendra, Agus (Unknown)



Article Info

Publish Date
01 Oct 2017

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh aktivitas lompat engklek (hopping) dan aktivitas lompat tali (skipping rope) terhadap kemampuan lompat jauh, untuk digunakan sebagai alternatif pembelajaran lompat jauh manakala persoalan dukungan sarana di sekolah masih terbatas. Metode penelitian ini menggunakan metode eksperimen dengan desain two group pretest-posttest design. Populasi dari penelitian ini adalah siswa kelas V SDN Gegerkalong KPAD sebanyak 111 siswa dan sampel sebanyak 30 siswa yang diambil menggunakan teknik simple random sampling. Instrumen tes yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes lompat jauh. Berdasarkan hasil penelitian, data yang diperoleh berdistribusi tidak normal tetapi homogen. Analisis statistik pada penelitian ini menggunakan uji Wilcoxon. Hasil pengujian menunjukan bahwa pembelajaran aktivitas lompat engklek memberikan pengaruh yang signifikan terhadap kemampuan lompat jauh sedangkan pembelajaran aktivitas lompat tali tidak memberikan pengaruh yang signifikan terhadap kemampuan lompat jauh. Dengan demikian, pembelajaran aktivitas lompat engklek dipandang menjadi alternatif yang lebih baik dibandingkan dengan pembelajaran aktivitas lompat tali dalam meningkatkan kemampuan lompat jauh siswa.

Copyrights © 2017