TEGAR: Journal of Teaching Physical Education in Elementary School
Vol 1, No 2 (2018): Teaching from the Perspective of Content Knowledge

Upaya Meningkatkan Keterampilan Bermain Melalui Penerapan Modifikasi Alat Dalam Permainan Bola Kecil

Purnama, Andari Dewi (Unknown)
Lubay, Lukmannul Haqim (Unknown)



Article Info

Publish Date
11 Jul 2018

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya aspek keterampilan bermain dalam aktivitas permainan kasti yang dimiliki siswa yang dipengaruhi oleh alat yang terkesaan sulit yang tidak sesuai dengan karakteristik siswa di SDN Burujul Kulon 1 Kecamatan Jatiwangi Kabupaten Majalengka. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan keterampilan bermain siswa dalam pembelajaran permainan bola kecil. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) dengan Games Performace Assesment Instrumen (GPAI) sebagai instrumen pengumpul data. Subjek pada penelitian ini adalah 20 siswa kelas V yang terdiri dari 10 siswa laki-laki dan 10 siswi perempuan. Penelitian ini dilakukan di SDN Burujul Kulon 1 Kecamatan Jatiwangi Kabupaten Majalengka. Data penelitian diambil dengan menggunakan lembar observasi penilaian keterampilan bermain, catatan lapangan, dan dokumentasi penelitian. Hasil penelitian menunjukan bahwa penerapan modifikasi alat dalam pembelajaran permainan bola kecil mampu memberikan manfaat positif terhadap proses belajar mengajar bagi siswa antara lain adanya peningkatan dari siklus I hingga siklus II. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa penerapan modifikasi alat pembelajaran dapat meningkatkan keterampilan bermain siswa kelas V SDN Burujul Kulon 1 Kecamatan Jatiwangi Kabupaten Majalengka. AbstractThis research was motivated by the students’ low skill in kasti ball game. The tool used was difficult because it did not match the students’ characteristics in SDN Burujul Kulon 1 District Jatiwangi Majalengka Regency. The purpose of this study was to improve the playing skills in small ball game. The method used in this research was the classroom action research (PTK). The instrument used was the Games Performace Assessment Instrument (GPAI) with 20 students of class V, consisting 10 male students and 10 female students, as the subjects. This research was conducted at SDN Burujul Kulon 1 District Jatiwangi Majalengka District. Research data were taken by using observation sheets, field notes, and research documentation. The results of this study showed that the application of tools modification in small ball game could provide positive benefits to the learning process for students that was shown by the increase from cycle I to cycle II. Therefore, it can be concluded that the application of l earning tools modification can improve the students’ playing skills in SDN Burujul Kulon 1 District Jatiwangi Majalengka. 

Copyrights © 2018