TEGAR: Journal of Teaching Physical Education in Elementary School
Vol 1, No 1 (2017): Teaching from the Perspective of Content Knowledge

Upaya Meningkatkan Pemahaman Gerak Dasar Lempar Lembing Melalui Penerapan Lembing Modifikasi Dalam Pembelajaran Atletik

Wijayanti, Diana (Unknown)
Suntoda, Andi (Unknown)



Article Info

Publish Date
01 Oct 2017

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan keterampilan gerak dasar lempar lembing dengan menggunakan lembing modifikasi pada siswa kelas V SDPN Setiabudhi Kota Bandung. Dari hasil observasi yang telah dilakukan sebelumnya, diketahui bahwa kemampuan siswa dalam melakukan gerak dasar lempar lembing masih rendah, sehingga mendorong peneliti untuk melakukan penelitian tindakan kelas (PTK), dengan memberikan tindakan intervensi sebanyak 3 siklus yang terdiri dari 6 tindakan. Analisa data dilakukan dengan mereduksi data dan memaparkan data dalam bentuk tabel, sehingga dapat dicari nilai rata-rata dan persentase ketuntasan belajar. Subjek penelitian berjumlah 35 orang, yang terdiri dari 17orang siswa putra dan 18 orang siswa putri. Hasil penelitian pada siklus I menunjukkan gerak dasar lempar lembing mencapai hasil (52,80%), Pada siklus II menunjukkan bahwa gerak dasar lempar lembing mencapai peningkatan hingga (80,17%), Pada siklus III menunjukan bahwa gerak dasar lempar lembing terdapat sedikit peningkatan yaitu (82,17%). Penelitian ini menyimpulkan bahwa dengan menggunakan lembing modifikasi dapat meningkatkan gerak dasar lempar lembing pada siswa kelas V SDPN Setiabudhi Kota Bandung Tahun Ajaran 2016/2017.

Copyrights © 2017