Jurnal Informatika
Vol 9, No 2 (2013): Jurnal Informatika

IMPLEMENTASI ALGORITMA NEGASCOUT PADA PERMAINAN ANIMAL CHESS

Sebastian Vincent S. (Teknik Informatika, Fakultas Teknologi Informasi, Universitas Kristen Duta Wacana)
Joko Purwadi (Teknik Informatika, Fakultas Teknologi Informasi, Universitas Kristen Duta Wacana)
Nugroho Agus Haryono (Teknik Informatika, Fakultas Teknologi Informasi, Universitas Kristen Duta Wacana)



Article Info

Publish Date
09 Jul 2014

Abstract

Aplikasi permainan berbasis ponsel semakin beragam. Catur hewan merupakan permainan yang memanfaatkan logika kecerdasan buatan. Permainan ini mengandalkan kemampuan berpikir secara logis sehingga diperlukan algoritma yang memanfaatkan teknik pencarian untuk memainkan permainan ini. Dalam penelitian ini, peneliti akan mengimplementasikan algoritma NegaScout. Algoritma NegaScout dapat memotong node–node yang tidak perlu, sehingga proses perhitungan dan pencarian node terbaik bisa dilakukan dengan cepat. Peneliti juga membandingkan dengan algoritma Minimax dan algoritma Alpha-Beta dalam hal jumlah node yang dihasilkan dan lamanya waktu yang dibutuhkan. Melalui penelitian ini, disimpulkan bahwa agen komputer cerdas dengan menggunakan algoritma NegaScout membutuhkan waktu yang lebih cepat dan memotong node lebih banyak daripada algoritma Minimax dan Alpha-beta dalam mencari dan menemukan langkah terbaik dalam permainan Animal Chess.

Copyrights © 2014