Jurnal Pendidikan Almuslim
No 1 (2015): Edisi Khusus

PENINGKATAN KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA MELALUI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SHARE (TPS)

Rahmi Wahyuni, Rahmi Wahyuni (Unknown)



Article Info

Publish Date
01 Jun 2015

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Apakah peningkatan kemandirian belajar siswa yang memperoleh pembelajaran kooperatif tipe TPS lebih baik dari pada kemandirian belajar siswa yang memperoleh pembelajaran biasa; (2) Apakah terdapat interaksi antara model pembelajaran dengan kemampuan awal siswa terhadap peningkatan kemandirian belajar siswa. Penelitian ini merupakan penelitian kuasi eksperimen. Populasi penelitian ini siswa kelas VII SMPN di Kabupaten Bireuen yang berakredasi B. Secara acak dipilih dua sekolah sebagai sampel penelitian yaitu SMPN 4 Bireuen dan SMPN 5 Peusangan. Kelas eksperimen diberikan perlakuan pembelajaran kooperatif tipe TPS dan kelas kontrol diberi perlakuan pembelajaran biasa. Instrumen yang digunakan terdiri dari: tes kemampuan awal siswa, dan skala kemandirian. Uji statistik yang digunakan dalam penelitian ini adalah uji t untuk melihat peningkatan dan ANAVA dua jalur untuk melihat interaksi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Peningkatan kemandirian belajar siswa yang memperoleh pembelajaran menggunakan model kooperatif tipe TPS lebih baik daripada kemandirian belajar siswa yang memperoleh pembelajaran biasa yaitu pada kategori sedang; (2) Tidak ada interaksi antara kemampuan awal siswa dan pembelajaran kooperatif tipe TPS terhadap peningkatan kemandirian belajar siswa. Penggunaan model kooperatif tipe TPS dalam pembelajaran terbukti dapat meningkatkan kemandirian belajar siswa menjadi lebih baik. Kata kunci: Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share (TPS), Kemandirian Belajar Siswa.

Copyrights © 2015






Journal Info

Abbrev

jupa

Publisher

Subject

Education

Description

Diterbitkan oleh Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Almuslim Bireuen-Aceh. Terbit dua kali dalam setahun (Agustus dan Pebruari). Terbit perdana pada Agustus 2013, dengan tujuan untuk meningkatkan kreativitas keilmiahan dosen atau akademisi dari berbagai Perguruan Tinggi/Lembaga ...