Stability: Journal of Management and Business
Vol 1, No 2 (2018): December

PENGARUH LIKUIDITAS , LEVERAGE, RATING OBLIGASI SYARIAH , RISIKO OBLIGASI SYARIAH TERHADAP YIELD OBLIGASI SYARIAH (SUKUK)

Noviana, Linda (Unknown)
Solovida, Grace Tianna (Unknown)



Article Info

Publish Date
28 Dec 2018

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menyelidiki faktor-faktor yang mempengaruhi perolehan yield obligasi Islam. Penelitian ini melibatkan empat variabel independen (likuiditas, leverage, peringkat obligasi Islam, dan risiko obligasi Islam), dan satu variabel dependen (sukuk yield). Metode purposive sampling digunakan untuk memilih 30 perusahaan sampel dengan mempertimbangkan: (1) pendaftaran obligasi obligasi perusahaan di Bursa Efek Indonesia dan (2) data yang memadai dari perusahaan untuk tujuan penelitian. Analisis data dilakukan dengan menggunakan metode regresi multivariat yang melibatkan asumsi uji klasik, pengujian hipotesis t-statistik, pengujian koefisien determinasi (R2) dan pengujian F-statistik untuk menguji pengaruh semua variabel model (tingkat signifikansi 5%). Penelitian ini juga menggunakan tes asumsi klasik normalitas, heteroskedastisitas, dan multikolinieritas. Hasil laporan uji normalitas bahwa data terdistribusi normal dan uji heteroskedastisitas dan multikolinieritas menunjukkan bahwa data tidak menyimpang dari asumsi klasik yang menunjukkan bahwa data tersebut memenuhi syarat untuk model regresi multivariat. Hasil penelitian melaporkan bahwa likuiditas berkorelasi negatif dengan hasil obligasi syariah namun tidak signifikan. Leverage berkorelasi positif dengan yield obligasi Islam yang menunjukkan pengaruh positifnya. Peringkat tersebut menunjukkan korelasi negatif dan dampak signifikan terhadap hasil sukuk sementara risiko sukuk berkorelasi negatif dengan hasil akhir obligasi syariah yang menunjukkan pengaruh negatif.

Copyrights © 2018






Journal Info

Abbrev

Publisher

Subject

Decision Sciences, Operations Research & Management

Description

This journal aims to seek quality articles to answer the need to improve the understanding of effective management and business applications. Stability : Journal of Management and Business provides current trends in knowledge and practical applications in management and business practices. In ...