Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pengaruh model pembelajaran problem based learning terhadap keterampilan proses sains ditinjau dari self-efficacy siswa. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen menggunakan desain faktorial 2x2. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas X IPA SMA Kartikatama Metro. Sampel terdiri dari 66 siswa yang dibagi menjadi satu kelas PBL dan satu kelas DI dengan teknik purposive sampling. Instrumen yang digunakan adalah skala self-efficacy dan tes keterampilan proses sains. Analisis data dilakukan dengan two-way ANOVA. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat perbedaan keterampilan proses sains siswa yang belajar dengan model problem based learning dan siswa yang belajar dengan model direct instruction (F=7,959;p<0,05), terdapat perbedaan keterampilan proses sains antara siswa yang memiliki self-efficacy tinggi dan siswa yang memiliki self-efficacy rendah (F=80,325;p<0,05), dan tidak terdapat interaksi antara model pembelajaran dan self-efficacy terhadap keterampilan proses sains (F=0,001;p>0,05).Kata Kunci: problem based learning, keterampilan proses sains, self-efficacy.
Copyrights © 2018