KOMPUTEK
Vol 2, No 2 (2018): Oktober

RANCANG BANGUN MEDIA PEMBELAJARAN BAHASA INGGRIS BERBASIS ANDROID MENGGUNAKAN TEKNOLOGI AUGMENTED REALITY UNTUK SEKOLAH DASAR (STUDI KASUS MI MA’ARIF PATIHAN KIDUL)

Mita Bela Franciska (Universitas Muhammadiyah Ponorogo)
Mohammad Bhanu Setyawan (Universitas Muhammadiyah Ponorogo)
Ismail Abdulrazzaq Zulkarnain (Universitas Muhammadiyah Ponorogo)



Article Info

Publish Date
05 Oct 2018

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengembangkan aplikasi media pembelajaran interaktif menggunakan teknologi augmented reality yang dapat membantu siswa sekolah dasar kelas 1 dalam memahami pelajaran bahasa inggris. Aplikasi ini dapat menampilkan objek 3D yang menarik dan disertai dengan suara serta teks. Selain itu user interface serta objek 3D dibuat semenarik mungkin karena pada tahap pendidikan anak usia sekolah dasar siswa cenderung lebih tertarik dengan suatu hal yang terdapat gambar animasi serta warna-warna cerah. Hal ini akan membuat siswa lebih mudah mengingat suatu bentuk atau tulisan yang memiliki  warna menarik dan bentuk yang komunikatif. Penelitian ini menggunakan metode perancangan waterfall, dimana alur penelitian akan mengikuti tahap berurutan yang ada di waterfall. Aplikasi ini akan dibangun dengan menggunakan Unity 3D dan Vuforia SDK.

Copyrights © 2018