DERIVATIF
Vol 11, No 2 (2017): November

PEMODELAN KETEPATAN WAKTU PENYAMPAIAN LAPORAN KEUANGAN PERUSAHAAN MANUFAKTUR DI BEI DENGAN PENDEKATAN MULTIVARIATE ADAPTIVE REGRESSION SPLINE (MARS)

Erna Hayati (Universitas Islam Lamongan)
Abid Muhtarom (Universitas Islam Lamongan)



Article Info

Publish Date
02 Jan 2018

Abstract

Penyampaian laporan keuangan merupakan kegiatan yang wajib dilakukan oleh perusahaan yang sudah Go Public sebagai wujud pertanggungjawaban kepengurusan perusahaan kepada publik. Oleh karena itu ketepatan waktu dalam penyampaian laporan keuangan menjadi suatu karakteristik yang sangat penting. Penelitian ini bertujuan untuk memodelkan ketepatan waktu penyampaian laporan keuangan perusahaan manufaktur yang terdaftar di BEI dengan Multivariate Adaptive Regression Spline (MARS). Penelitian ini menggunakan data panel yaitu data laporan keuangan perusahaan manufaktur Go Public pada tahun 2012-2016. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model MARS terbaik diperoleh pada kombinasi BF=28, MI=3 dan MO=1. Variabel yang berpengaruh dalam model MARS tersebut yaitu kepemilikan publik, profitabilitas, leverage keuangan dan ukuran perusahaan. Ketepatan model MARS tersebut dalam memprediksi klasifikasi perusahaan manufaktur pada tahun 2016 berdasarkan ketepatan waktu penyampaian laporan keuangan yaitu sebesar 92,22 persen.     Kata Kunci      : Ketepatan waktu, Laporan Keuangan, MARS, Perusahaan Go Public.

Copyrights © 2017






Journal Info

Abbrev

JM

Publisher

Subject

Decision Sciences, Operations Research & Management

Description

Derivatif includes articles on the results of research and scientific work with the scope of Economics, Management, Business, and Islamic Economic Studies. The Derivatif journal is managed by the Management Program, University Muhammadiyah of Metro, published by the Scientific Publication Unit ...