cover
Contact Name
-
Contact Email
-
Phone
-
Journal Mail Official
-
Editorial Address
-
Location
Kota metro,
Lampung
INDONESIA
DERIVATIF
ISSN : 19786573     EISSN : 2477300x     DOI : -
Core Subject : Science,
Derivatif includes articles on the results of research and scientific work with the scope of Economics, Management, Business, and Islamic Economic Studies. The Derivatif journal is managed by the Management Program, University Muhammadiyah of Metro, published by the Scientific Publication Unit University Muhammadiyah of Metro.
Arjuna Subject : -
Articles 254 Documents
ANALISIS KEMAMPUAN PENGGERAKAN PIMPINAN DAN PENGENDALIAN INTERNAL DENGAN PENINGKATAN PRODUKTIVITAS KERJA PEGAWAI PADA KANTOR DINAS TATA KOTA DAN PARIWISATA KOTA METRO Suwarto, Suwarto; Suharto, Suharto
issn 1978-6573
Publisher : Fakultas Ekonomi UM Metro

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui besar pengaruh penggerakan pimpinan dan pengendalian internal dengan produktivitas kerja pegawai pada Kantor Dinas Tata Kota Metro. Hipotesis penelitian ini adalah ada hubungan yang signifikan antara kemampuan penggerakan pimpinan dengan produktivitas kerja pegawai, dan ada hubungan yang signifikan antara  penggerakan pimpinan dan pengendalian internal secara bersama-sama dengan produktivitas kerja pegawai pada Kantor Dinas Tata Kota Metro. Berdasarkan dari analisis data yang telah dilakukan, menunjukkan adanya pengaruh antara penggerakan pimpinan terhadap produktivitas kerja pegawai. Hasil analisis juga menunjukkan bahwa koefisien determinasi sebesar 0,389 persen produktivitas, sedangkan 61,1 persen dijelaskan oleh faktor lain. Hasil analisis menunjukkan adanya pengaruh antara pengendalian internal terhadap produktivitas kerja pegawai. Hasil koefisien determinasi sebesar 0,548, menunjukkan bahwa pengendalian internal mampu menjelaskan 54,8 persen variabel produktivitas, sedangkan 41,6 persen dijelaskan oleh faktor lain diluar model. Hasil analisis menunjukkan adanya pengaruh antara pengendalian internal dan  penggerak pimpinan terhadap produktivitas kerja pegawai secara bersama-sama. Koefisian determinasi sebesar 0,595 berarti pengendalian internal dan penggerak pimpinan mampu menjelaskan 59,5 persen variabel produktivitas, sedangkan 40, persen dijelaskan oleh factor lain diluar model. Key word : Penggerakan Pimpinan, Pengendalian Internal, Produktivitas Kerja
PENGARUH FAKTOR-FAKTOR PEMBENTUK LOYALITAS MAHASISWA UNIVERSITAS TERBUKA Andy Mulyana, Andy Mulyana; Devi Ayuni, Devi Ayuni
issn 1978-6573
Publisher : Fakultas Ekonomi UM Metro

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

ABSTRAKDi era pasar bebas seperti saat ini, persaingan sangat ketat di segala bidang. Sejak General Agreement on Trade and Services (GATS) diberlakukan tahun 2005, pendidikan menjadi produk jasa yang bisa diperdagangkan secara bebas. Perguruan tinggi berkualitas diluar negeri bisa beroperasi dan menjadi kompetitor kuat bagi perguruan tinggi di Indonesia. Oleh karena itu, baik Perguruan Tinggi Negeri (PTN) maupun Perguruan Tinggi Swasta (PTS) harus membenahi dirinya masing-masing agar dapat memberikan kualitas jasa yang memuaskan bagi mahasiswanya. Universitas Terbuka (UT), sebagai satu-satunya perguruan tinggi negeri penyelenggaran sistem pendidikan terbuka jarak jauh di Indonesia telah berupaya keras memberikan pelayanan prima baik di bidang akademik maupun non akademik. Walaupun begitu, tingkat atrisi mahasiswa UT sebesar 22% per semester masih cukup tinggi. Tingginya tingkat atrisi mahasiswa menunjukkan kurangnya loyalitas mahasiswa untuk tetap bertahan menyelesaikan pendidikannya di UT. Pembentukan loyalitas mahasiswa dipengaruhi oleh beberapa faktor, antara lain citra institusi dan kepuasan mahasiswa. Penelitian ini bertujuan mengetahui pengaruh citra institusi dan kepuasan mahasiswa terhadap loyalitas mahasiswa. Responden penelitian adalah mahasiswa FEKON-UT sebanyak 325 orang yang teregistrasi pada tahun 2014.2. Digunakan metode survey eksplanatori (explanatory survey method) sebagai metode penelitian. Adapun penelitian bersifat deskriptif dan verfikatif. Sedangkan analisis jalur (path analysis) digunakan sebagai alat analisis data. Hasil penelitian menunjukkan citra institusi dan kepuasan mahasiswa berpengaruh terhadap loyalitas mahasiswa secara total sebesar 51,75%. Sedangkan secara individu pengaruh citra institusi terhadap kepuasan mahasiswa adalah 18,9% dan pengaruh kepuasan mahasiswa terhadap loyalitas mahasiswa sebesar 57%. Diantara kedua variabel tersebut, kepuasan mahasiswa berpengaruh lebih besar daripada citra institusi terhadap loyalitas mahasiswa. Citra positif institusi dalam jasa pendidikan dapat digunakan sebagai instrumen positioning untuk mempengaruhi pemilihan perguruan tinggi oleh calon mahasiswa. Citra institusi akan membentuk dan mempertahankan loyalitas mahasiswa. Kepuasan mahasiswa akan memberikan dampak positif karena memberikan word of mouth positif, retensi mahasiswa, dan penggunaan jasa secara kontinu, baik langsung maupun tidak langsung. Loyalitas mahasiswa dapat menjadi sarana promosi bagi Universitas Terbuka melalui pemahaman sikap dan perilaku mahasiswa sebagai pelanggan jasa pendidikan yang ditawarkan. Keywords : Citra Institusi, Kepuasan, Loyalitas
PENGARUH SELEKSI DAN PENEMPATAN PEGAWAI TERHADAP PRODUKTIVITAS KERJA PEGAWAI DI BMT FAMILIER KOTA GAJAH LAMPUNG TENGAH SUWARTO, SUWARTO; SITI MUSLYA, SITI MUSLYA
issn 1978-6573
Publisher : Fakultas Ekonomi UM Metro

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

The existence of human resources in a company is very important because they they also play a role in the survival of a company, Human resources is huge potential asset for the level of productivity of a company. BMT Familier Kota Gajah Central Lampung by observation placement accuracy is not in accordance with the educational background, conformity ability and suitability of expertise. Formulation of the problem in this study is whether the recruitment and staffing affect the employee productivityat BMT Familier Kota Gajah Central Lampung in 2015.The purpose of this study was to determine the effect reception and staffing to employees productivityworking in BMT Familier Lampung Central Lampung in 2015. Type of research is descriptive qualitative research procedure that produces descriptive data based on the results of a quantitative analysis of the study variables. The technique of collecting data using interviews, documentation and questionnaires using a questionnaire. The analysis tool is to use data quality analysis and multiple linear regression analysis.In conclusion, the results of the analysis of recruitment has a significant impact on employee productivity. Placement of employees has a significant impact on employee productivity. Seeing these results it can be said that the independent variables are positive and significant impact on employee performance. Keywords: Admission, Placement, Employee Productivity.
PENGARUH MOTIF RASIONAL DAN MOTIF EMOSIONAL TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PONSEL Blackberry DI BANDAR LAMPUNG VIOLA DE YUSA, VIOLA DE YUSA
issn 1978-6573
Publisher : Fakultas Ekonomi UM Metro

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Abstrak Seiring dengan meningkatnya kebutuhan masyarakat, ponsel menjadi salah satu barang kebutuhan pokok yang dapat dimiliki oleh semua pihak. Selain untuk alat komunikasi, ponsel juga digunakan sebagai alat untuk menunjukkan gaya bagi si pemakai, sehingga konsumen dalam membeli ponsel tertentu selalu disertai dengan pertimbangan pribadi berupa motif rasional dan emosional. Motif rasional adalah motif yang menurut pikiran yang sehat, patut, dan layak. Sedangkan motif emosional adalah motif yang dipengaruhi oleh perasaan. Blackberry selalu berusaha untuk memantapkan posisinya dengan selalu memberikan yang terbaik bagi penggunanya. Blackberry selalu menghadirkan tipe baru telepon seluler yang sesuai dengan keinginan dan kebutuhan konsumen yang selalu berkembang.Permasalahan dalam penelitian ini adalah apakah motif rasional dan motif emosional berpengaruh terhadap keputusan pembelian ponsel Blackberry. Fokus tujuan dalam menjawab pertanyaan tersebut adalah untuk mengetahui pengaruh motif rasional dan motif emosional terhadap keputusan pembelian ponsel Blackberry. Hipotesis yang dapat ditarik yaitu bahwa motif rasional dan motif emosional berpengaruh terhadap keputusan pembelian ponsel Blackberry. Metodologi penelitian yang digunakan adalah deskriptif, dimana penelitian ini menguraikan persepsi konsumen terhadap motif rasional dan motif emosional. Alat analisis yang digunakan adalah analisis Regression Logistic. Data diperoleh dengan menyebar kuesioner kepada 100 responden. Setelah Pengolahan data dilakukan dengan menggunakan SPSS 16.0.Hasil penelitian menunjukkan bahwa Secara teoritis bentuk model regresi logistik ini menunjukkan motif rasional (X1) = 0,948 dengan angka signifikansi variabel motif rasional (X1) sebesar 0,004, sedangkan motif emosional (X2) = 1,361 dengan angka signifikansi variabel motif emosional (X2) sebesar 0,001. Hasil perhitungan menunjukkan bahwa dari dua variabel tersebut yang paling dominan adalah motif emosional (X2). Motif rasional dan motif emosional mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap keputusan konsumen yaitu membeli atau menggunakan ponsel Blackberry. Nilai kelayakan model regresi signifikan/probabilitas motif rasional dan motif emosional sebesar 0,957, dimana angka tersebut > 0,05, sehingga model layak dipakai untuk analisis selanjutnya. Kata Kunci: Motif Rasional, Motif Emosional dan Keputusan Pembelian
PENGARUH PELAYANAN, KUALITAS PRODUK, DAN CITRA MEREK TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN SEPEDA MOTOR HONDA TIPE SUPRA X 125 DEALER BHINEKA MOTOR DI KOTA METRO Suharto, Suharto; Suwarto, Suwarto
issn 1978-6573
Publisher : Fakultas Ekonomi UM Metro

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

ABSTRAK Pengaruh Pelayanan, Kualitas Produk, dan Citra Merek Terhadap Keputusan Pembelian Sepeda Motor Honda Tipe Supra X 125 Pada Dealer Bhineka Motor di Kota Metro Tujuan penelitian ini adalah mengetahui pengaruh langsung pelayanan terhadap Citra Merek, Kualitas Produk terhadap Citra Merek, Citra Merek terhadap Keputusan pembelian, pelayanan terhadap keputusan pembelian, dan kualitas produk terhadap keputusan pembelian. Untuk menganalisis masing-masing pengaruh antar variable laten digunakan analisis jalur(path analysis). Berdasarkan hasil perhitungan ditemukan bahwa pelayanan berpengaruh langsung positif terhadap Citra Merek. Citra Merek berpengaruh langsung terhadap pembelian. Pelayanan berpengaruh langsung positif terhadap keputusan pembelian. Pelayanan berpengaruh tidak langsung tidak langsung terhadap keputusan pembelian terhadap Citra Merek, dan kualitas produk berpengaruh tidak langsung terhadap keputusan pembelian melalui  Citra Merek.Key Word:Pelayanan,Kualitas Produk,dan Citra Merek,Keputusan Pembelian.
PENGARUH KINERJA KEPALA DESA TERHADAP PENINGKATAN PRESTASI KERJA PERANGKAT DESA Wahyu Widodo, Wahyu Widodo
issn 1978-6573
Publisher : Fakultas Ekonomi UM Metro

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

The research problems are How to influence the performance of the Village Head Against achievement Village devices work? This study aims to determine the performance of the Village Head To increase job performance devices village. Because the population is 15 people, the authors will take the entire sample to be used as a population that is 15 village officials. Based on the research results can be concluded as follows: there is the influence of the performance of the Village Head To increase job performance devices Village with 0.69 count r> r table 0, 641.Rumusan masalah penelitian ini adalah Bagaimanakah pengaruh kinerja Kepala Desa Terhadap peningkatan prestasi kerja perangkat Desa? Penelitian ini bertujuan Untuk mengetahui kinerja Kepala Desa Terhadap peningkatan prestasi kerja perangkat Desa. Karena jumlah populasinya 15 orang, maka penulis akan mengambil seluruh sampel penelitian untuk dijadikan populasi yaitu 15 orang perangkat Desa. Berdasarkan hasil penelitian maka dapat disimpulkan hal-hal sebagai berikut: ada pengaruh kinerja Kepala Desa Terhadap peningkatan prestasi kerja perangkat Desa dengan r hitung 0, 69 > r tabel 0, 641.
PENGARUH KUALITAS PELAYANAN DAN CITRA PERUSAHAAN TERHADAP KEPUASAN PASIEN PADA RUMAH SAKIT MARDI WALUYO METRO Nina Lelawati, Nina Lelawati
issn 1978-6573
Publisher : Fakultas Ekonomi UM Metro

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Abstrak Pada era global, persaingan dalam dunia industri barang maupun jasa begitu ketat.  Perusahaan barang maupun jasa tidak terkecuali rumah sakit Mardi Waluyo Metro dituntut untuk bisa bersikap lebih bijak, dan dapat menciptakan sesuatu yang kreatif dan inovatif. Karena salah satu tantangan bagi rumah sakit adalah meningkatkan kepuasan pasien, maka adanya kualitas pelayanan terbaik dan didukung citra perusahaan yang baik diharapkan dapat meningkatkatkan rasa puas pada diri pasien sehingga perusahaan dapat mencapai tujuan dan memenangkan persaingan. Adapun masalah yang dirumuskan dalam penelitian ini adalah apakah variabel kualitas palayanan dan citra perusahaan berpengaruh positif baik secara parsial maupun bersama-sama terhadap variabel kepuasan pasien.Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh secara parsial maupun pengaruh secara bersama-sama antara variabel kualitas pelayanan dan citra perusahaan terhadap variabel kepuasan pasien pada rumah sakit Mardi Waluyo Metro.Hipotesis dalam penelitian ini yaitu ada pengaruh positif  baik secara parsial maupun secara bersama-sama antara variabel kualitas pelayanan dan citra perusahaan terhadap variabel kepuasan pasien pada rumah sakit Mardi Waluyo Metro. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengaruh bersama-sama variabel kualitas pelayanan dan citra perusahaan terhadap variabel kepuasan pasien sebesar 72 %. Pengaruh secara parsial juga ditunjukkan oleh masing-masing variabel terhadap kepuasan pasien dan pengaruh tertinggi diberikan oleh variabel kualitas pelayanan. Kata kunci: Kualitas Pelayanan, Citra Perusahaan, Kepuasan Pasien.
PENGARUH KUALITAS LAYANAN DAN KEPUASAN MAHASISWA TERHADAP LOYALITAS MELALUI CITRA UNIVERSITAS TERBUKA SEBAGAI VARIABEL INTERVENING Soekiyono, Soekiyono; Wiwin Siswantini, Wiwin Siswantini
issn 1978-6573
Publisher : Fakultas Ekonomi UM Metro

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

ABSTRACT This study entitled Effect of Service Quality and Student Satisfaction Loyalty To The Open University Image As Intervening Variables. The purpose of this study is to analyze the impact of service quality on the image of the Open University, to analyze the influence of student satisfaction on the image of the Open University, to analyze the impact of service quality on loyalty student, to analyze the influence of student satisfaction and student loyalty to analyze the influence of the image of the Open University of loyalty students. Research conducted on the Open University students. A type of research used in this study is a survey method, a method that aims to collect data with the questionnaire. The analytical method used is structural equation modeling (SEM) program AMOS 4. The results of this study are: Quality of care has a significant influence on the image of UT; student satisfaction has a significant influence on the image of UT; influences of service quality on loyalty; student satisfaction has a significant influence on student loyalty; Image has a significant influence on loyalty; service quality has no significant effect on loyalty through imagery. Implications of this study are improving the image of UT through the quality of care by improving aspects of tangibles, empathy, reliability, responsiveness and assurance. UT image can also be improved by increasing student satisfaction during the learning takes place. Student loyalty can be increased by improving service quality, satisfaction and image. Keywords: Quality of service, satisfaction, image and loyalty.  ABSTRAK Penelitian ini berjudul Pengaruh Kualitas Layanan Dan Kepuasan Mahasiswa Terhadap Loyalitas Melalui Citra Universitas Terbuka Sebagai Variabel Intervening. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis pengaruh kualitas pelayanan terhadap citra Universitas Terbuka, untuk menganalisis pengaruh kepuasan mahasiswa terhadap citra Universitas Terbuka, untuk menganalisis pengaruh kualitas pelayanan terhadap loyalitas mahasiswa, untuk menganalisis pengaruh kepuasan mahasiswa terhadap loyalitas mahasiswa dan untuk menganalisis pengaruh citra Universitas Terbuka terhadap loyalitas mahasiswa. Penelitian dilakukan terhadap mahasiswa Universitas Terbuka. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode survey, yaitu metode yang bertujuan untuk mengumpulkan data dengan kuesioner. Metode analisis yang digunakan adalah structural equation modelling (SEM) Program AMOS 4. Hasil penelitian ini disimpulkan: Kualitas layanan mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap citra UT; Kepuasan mahasiswa mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap citra UT; Terdapat pengaruh kualitas layanan terhadap loyalitas; Kepuasan mahasiswa mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap loyalitas mahasiswa; Citra mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap loyalitas; Kualitas layanan tidak mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap loyalitas melalui citra. Implikasi yang bisa diberikan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan citra UT dapat dilakukan dengan memperbaiki kualitas pelayanan yaitu dengan memperbaiki aspek tangibles, empathy, reliability, responsiveness dan assurance. Citra UT juga dapat ditingkatkan dengan cara meningkatkan kepuasan mahasiswa selama pembelajaran berlangsung. Loyalitas mahasiswa dapat ditingkatkan dengan memperbaiki kualitas layanan, kepuasan dan citra. Kata kunci: Kualitas layanan, kepuasan, citra dan loyalitas.
CSR EXXON MOBIL CEPU LIMITED DALAM PEMAHAMAN MASYARAKAT SEKITAR WILAYAH EKSPLORASI DI KABUPATEN BOJONEGORO Ifa Khoiria Ningrum, Ifa Khoiria Ningrum
issn 1978-6573
Publisher : Fakultas Ekonomi UM Metro

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah, (1) memahami dan mendeskripsikan pemahaman masyarakat di sekitar wilayah eksplorasi migas tentang implementasi dan dampak CSR Exxon Mobil Cepu. Ltd. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif (qualitative methods), dengan menggunakan pendekatan fenomenologi bertujuan mengungkap dan memahami makna (noumena) dibalik fenomena dari individu yang melakukan tindakan atas dasar presepsi sendiri serta aspek yang melatar belakangi tindakannya. Fenomenologi mengungkap tentang pemahaman makna atau refleksi makna pada tingkat mikro dan merupakan salah satu penelitian lapangan dengan strategi observasi partisipasi. Hasil temuan penelitian menurut pemahaman masyarakat adalah meningkatnya pendapatan masyarakat dengan menjadi tenaga kerja, dahulu sepi, terpencil, terisolir sekarang mulai berubah, menjadi ramai selain itu aspek jalan sering ada banyak perbaikan, banyak juga program yang dirasakan seperti kesehatan, pendidikan, penghijauan dan mengikuti pelatihan dan pemberdayaan ekonomi yang diadakan perusahaan. Program CSR yang tepat dan efektif untuk masyarakat adalah melalui pendekatan stakeholder, disesuaikan dengan kebutuhan masing-masing desa, misalkan ada program CSR fisik yang berkaitan dengan perbaikan infrastruktur, program CSR non fisik peningkatan perekonomian, dan peningkatan kesejahteraan masyarakat dengan mengadakan pelatihan-pelatihan yang berkesinambungan dan melibatkan partisipasi masyarakat setempat. Kata Kunci: corporate social responsibility, pemahaman, Bojonegoro
PENGARUH PELAYANAN ADMINSTRASI PERIZINAN TERPADU (PAPT) KOTA METRO TERHADAP PENDAPATAN ASLI DAERAH KOTA METRO Suharto, Suharto; Suwarto, Suwarto
issn 1978-6573
Publisher : Fakultas Ekonomi UM Metro

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

ABSTRAK               Kantor Pelayanan Administrasi Perizinan Terpadu (PAPT) Kota Metro adalah Dinas Instansi yang bergerak mengelola urusan daerah berdasarkan aspirasi masyarakat setempat terutama tentang Pendapatan Asli Daerah (PAD).Penelitian tentang “Pengaruh Pelayanan Administrasi Perizinan Terpadu (PAPT) Kota Metro Terhadap Pendapatan Asli Daerah Kota Metro,metode yang digunakan adalah riset kepustakaan,riset lapangan antara lain wawancara,observasi,dan lapangan. Adapun permasalahan yang dihadapin adalah Bagaimana pengaruhh pelayanan administrasiperizinan terpadu Kota Metro (PAPT) terhadap pendapatan Asli Daerah Kota Metro”.Hipotesis yang diajukan adalah “Pengaruh retribusi pelayanan administrasi perizinan terpadu Kota Metro terhadap pendapatan Asli Daerah Kota Metro masih rendah. Alat analisis yang digunakan adalah kualitatif dan kuantitatif.Pengujian hipotesis koefesien regresi secara menyeluruh terhadap R2 atau koefeisen determinasi,dilakukan untuk mencari apakah ada pengaruh antara variabel bebas secara bersama sama-sama terhadap variabel terikat pada tingkat kepercayaan 95%.Berasarkanhasil perhitungan yang diperoleh R2 = 0,667. Artinya besarnya sumbangan variabel Pelayanan Perizinan terhadap variabel Pendapatan Asli Daerah sebesar 66.7%, dan siasanya sebesar 33,3% disebabkan oleh faktor-faktor lain yang tidak dimasukkan dalam model.

Page 1 of 26 | Total Record : 254