Jurnal Pendidikan Bahasa Inggris
Vol 4, No 1 (2016)

The Effect of Scientific Approach Combined with Scaffolding Technique on The Eleventh Graders’ Writing Competency Controlled with Text Types At SMAN 1 Glenmore District of Banyuwangi

., MOH. ADZKIYAUNUHA (Unknown)
., PROF. DR. DEWA KOMANG TANTRA, M.Sc. (Unknown)
., PROF. DR. NI NYOMAN PADMADEWI, M.A. (Unknown)



Article Info

Publish Date
24 Oct 2016

Abstract

Penelitian ini berfokus pada 1). Ada pengaruh yang signifikan dari pendekatan ilmiah yang dikombinasikan dengan teknik scaffolding pada kompetensi menulis siswa di SMAN 1 Glenmore Kabupaten Banyuwangi. 2). Ada pengaruh yang signifikan dari pendekatan ilmiah yang dikombinasikan dengan teknik scaffolding pada penulisan kompetensi siswa berdasarkan teks naratif di SMAN 1 Glenmore Kabupaten Banyuwangi. 3). Ada pengaruh yang signifikan dari pendekatan ilmiah yang dikombinasikan dengan teknik scaffolding pada kompetensi menulis siswa berdasarkan laporan teks di SMAN 1 Glenmore Kabupaten Banyuwangi. 4). Ada pengaruh yang signifikan dari pendekatan ilmiah yang dikombinasikan dengan teknik scaffolding pada penulisan kompetensi siswa berdasarkan teks eksposisi analitis di SMAN 1 Glenmore Kabupaten Banyuwangi. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimental menggunakan post test only control group dengan pengaturan 2x2 faktorial yang melibatkan satu dari 70 siswa. Data dikumpulkan melalui tes dan kemudian dianalisis dengan menggunakan statistik one way ANOVA.Kata Kunci : Pendekatan Saintifik, Teknik Scaffolding, Kompetensi Menulis, Tipe Teks The problems were focused on the following, they are: 1). There is any significant effect of scientific approach combined with scaffolding technique on students’ writing competency at SMAN 1 Glenmore District of Banyuwangi. 2). There is any significant effect of scientific approach combined with scaffolding technique on students’ writing competency based on narrative text at SMAN 1 Glenmore District of Banyuwangi. 3). There is any significant effect of scientific approach combined with scaffolding technique on students’ writing competency based on report text at SMAN 1 Glenmore District of Banyuwangi. 4). There is any significant effect of scientific approach combined with scaffolding technique on students’ writing competency based on analytical exposition text at SMAN 1 Glenmore District of Banyuwangi. This study was an experimental study using a post test only control group with 2x2 factorial arrangement which involved a single of 70 students. The data were collected through test and then analyzed by using statistical one way ANOVAkeyword : Scientific Approach, Scaffolding Technique, Writing Competency, Text Types

Copyrights © 2016






Journal Info

Abbrev

jpbi

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media

Description

Jurnal Pendidikan Bahasa Inggris adalah jurnal ilmiah yang diterbitkan oleh Pascasarjana Universitas Pendidikan Ganesha. Jurnal ini bertujuan untuk mewadahi artikel-artikel hasil penelitian dibidang Pendidikan Bahasa Inggris. Pada akhirnya Jurnal ini dapat memberikan deskripsi tentang perkembangan ...