Jurnal Gemaedu
Vol 1 No 2 (2016): Daftar Isi

KETERKAITAN PERSEPSI SISWA ATAS KEMAMPUAN PEDAGOGIK GURU TERHADAP PRESTASI BELAJAR ILMU PENGETAHUAN SISWA

Sumarni, Enny (Unknown)



Article Info

Publish Date
20 Nov 2018

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh persepsi siswa atas kompetensi pedagogik guru terhadap prestasi belajar. Metode penelitian yang digunakan adalah survei. Sampel diambil sebanyak 60 Siswa kelas IX Sekolah Menegah Pertama Negeri  dengan teknik acak sederhana. Pengumpulan data dilakukan dengan penyebaran angket langsung kepada sampel. Analisis data menggunakan statistika deskriptif seperti mencari mean, median, modus, standar deviasi, dan statistika inferensial yaitu untuk mencari koefisien korelasi sederhana dan ganda yang dilanjutkan dengan uji signifikansi koefisien korelasi dengan uji t. Penelitian ini dilakukan pada tanggal 01 April s.d 30 Juni 2015.     Hasil penelitian menunjukkan :  Terdapat pengaruh yang signifikan persepsi siswa atas kompetensi pedagogik guru terhadap prestasi belajar IPS. Dibuktikan dengan perolehan nilai thitung = 3,649 dan Sig. 0,001 < 0,05. Variabel persepsi siswa atas kompetensi pedagogik guru memberikan kontribusi sebesar 23,55 % dalam meningkatkan  prestasi belajar IPS.

Copyrights © 2016