Jurnal Gemaedu
Vol 1 No 2 (2016): Daftar Isi

MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA IPS DENGAN MODEL PEMBELAJARAN PICTURE AND PICTURE PADA MATERI PERANG DUNIA II KELAS IX H SMP NEGERI 2 TELUKJAMBE TIMUR”

Budiyanti, Wening (Unknown)



Article Info

Publish Date
20 Nov 2018

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas IX H semester ganjil tahun pelajaran 2011/2012 pada mata pelajaran IPS materi Perang Dunia ke II. Penelitian ini dilaksanakan di SMP Negeri 2 Telukjambe Timur Kabupaten Karawang, sebanyak 48 siswa dengan melibatkan 2 Observer dari guru IPS. Prosedur penelitian terdiri dari dua siklus, setiap siklus terdiri dari dua pertemuan. Indikator keberhasilan yang digunakan adalah hasil nilai prestasi belajar siswa minimal 74, sesuai dengan KKM mata pelajaran IPS yang telah ditetapkan dan 75% siswa tuntas, sedangkan indikator hasil nilai kinerja kelompok minimal rata-ratanya 77 .  Siswa yang berminat pada pembelajaran IPS materi Perang Dunia ke II mencapai 100 % dari jumlah siswa. Instrumen penelitian yang digunakan untuk analisis data yaitu lembar hasil belajar siswa, lembar penilaian kinerja kelompok dan lembar balikan siswa. Hasil penelitian  penilaian prestasi siswa pada siklus 1, nilai rata-rata 82 dengan tingkat ketuntasan  79 % dari jumlah siswa. Siklus 2, nilai rata-rata 83 dengan tingkat ketuntasan 90% dari jumlah siswa. Hasil penilaian kinerja kelompok siklus 1, nilai rata-rata 80 dengan tingkat ketuntasan 91 % dari 11 kelompok, sedangkan siklus 2, nilai rata-rata 83 tingkat ketuntasan 100 % dari 11 kelompok, dan minat Siwa pada mata pelajaran IPS mencapai 100 %. Dari hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa senang mempelajari IPS, materi Perang Dunia ke II di kelas IX H semester ganjil SMP Negeri 2 Telukjambe Timur tahun pelajaran 2011/2012.

Copyrights © 2016