Jurnal Gemaedu
Vol 1 No 2 (2016): Daftar Isi

MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP SISWA PADA MATERI LISTRIK STATIS DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA GAMBAR ANIMASI DI KLS 9G SMPN 2 TELUKJAMBE TIMUR TAHUN PELAJARAN 2014/2015

Rukmini, Rukmini (Unknown)



Article Info

Publish Date
20 Nov 2018

Abstract

Penelitian  ini secara deskriptif bertujuan untuk meningkatkan Pemahaman Konsep  Siswa  melalui penggunaan Media Gambar Animasi  pada mata pelajaran IPA. Penelitian ini dilaksanakan di SMPN 2 Telukjambe Timur Kabupaten Karawang, dari awal bulan November  sampai dengan  akhir bulan Maret tahun pelajaran 2014/2015. Subjek penelitian ini adalah seluruh siswa kelas 9G semester ganjil yang berjumlah 44 siswa, melibatkan 3 observer dari guru IPA. Prosedur penelitian terdiri dari dua siklus kegiatan setiap siklus terdiri atas perencanaan, tindakan dan refleksi. Indikator keberhasilan yang digunakan adalah nilai hasil prestasi belajar siswa minimal rata-rata 72 sesuai dengan KKM mata pelajaran yang telah ditetapkan dan 70% dari jumlah siswa tuntas,perolehan nilai kinerja kelompok rata-rata mencapai kategori Baik mencapai 75%  dari 8 kelompok yang dibentuk . Instrumen penelitian yang digunakan untuk analisis data ada tiga macam, yaitu: Lembar hasil belajar siswa, Lembar penilaian Kinerja kelompok dan lembar penilaian observer untuk proses KBM. Hasil penelitian dari penilaian hasil prestasi siswa pada siklus I rata-rata 73,3 dengan tingkat ketuntasan kurang dari 58% dari jumlah siswa, siklus II rata-rata 80,7 dengan tingkat ketuntasan mencapai 79% dari jumlah siswa. Penilain kinerja kelompok  siklus I rata-rata 78, siklus II rata-rata 91, dan penilaian hasil observer mengalami kenaikan dari rata-rata kategori kriteria Baik pada siklus -1 dengan nilai rata-rata 2,9 pada siklus-2  menjadi 3,6 dengan kategori kriteria Sangat Baik Hasil penelitian secara deskriptif menunjukkan bahwa Peningkatan hasil belajar siswa pada materi Listrik Statis di kelas 9G semester ganjil  SMPN 2 Telukjambe Timurtahun pelajaran 2014/2015  menunjukkan hasil yang  signifikan  dari 58% menjadi 79% siswa bahan pelajaran yang diajarkan dapat dikuasai siswa.

Copyrights © 2016