Jurnal Gemaedu
Vol 1 No 2 (2016): Daftar Isi

MODEL PEMBELAJARAN STUDENT ACTIVE LEARNING ( SAL ) DALAM PEMBELAJARAN VEKTOR

Aplihah, Tatun (Unknown)



Article Info

Publish Date
20 Nov 2018

Abstract

Pada penelitian tindakan kelas ini peneliti mengambil model pembelajaran Student Aktif Learning. Sesuai dengan namanya, model ini pembelajarannya terpusat pada siswa, yaitu aktif berdiskusi, aktif bertanya, aktif mengerjakan tugas, aktif mengerjakan soal-soal latihan, aktif mengikuti jalannya pembelajaran dengan serius dan semangat, aktif mengungkapkan pendapat, aktif bekerja sama antar teman, aktif mengambil peran dan mampu mengatasi masalah yang muncul, dan sebagainya. Dalam penelitian ini menggunakan pola penelitian kuantitaif untuk mengukur peningkatan keaktifan dan ketrampilan proses serta untuk mengukur peningkatan hasil belajar melalui test formatif atau ulangan harian sebanyak tiga kali, sesuai banyaknya siklus yang direncanakan dalam penelitian ini. Apakah model pembelajaran Student Active Learning dapat meningkatkan   keaktifan  dan ketrampilan proses dalam pembelajaran ? Berdasarkan dari hasil pengamatan, temuan, analisis, dan refleksi pada setiap siklus dan pembahasan yang telah dipaparkan secara umum, selama tiga siklus dapat disimpulkan sebagai berikut: Model pembelajaran SAL dari siklus 1 sampai dengan siklus 3 katagori aktif mengalami peningkatan  pada indikator keaktifan siswa dalam pembelajaran matematika materi vektor, yaitu siklus pertama 68,42%, siklus ke dua 76,32%, dan siklus ke tiga 81,58%. Model pembelajaran SAL dari siklus 1 sampai dengan siklus 3 katagori aktif mengalami peningkatan pada indikator ketrampilan proses dalam pembelajaran matematika materi vektor, yaitu siklus pertama 50%, siklus ke dua 63,16%, dan siklus ke tiga 71,05%. Model pembelajaran SAL dari siklus 1 sampai dengan siklus 3 hasil belajar siswa melalui test mengalami peningkatan, yaitu pada siklus pertama rata-rata nilai kelas 67,35, siklus ke dua rata-rata nilai kelas 71,60, dan siklus ke tiga rata-rata nilai kelas 78,59. Model Pembelajaran SAL dari siklus 1 sampai siklus 3 menunjukan efektifitasnya  dan benar bahwa  Pembelajaran dengan SAL dapat meningkatkan keaktifan dan ketrampilan proses dalam pembelajaran, juga dapat meningkatkan hasil belajar siswa.

Copyrights © 2016