Jurnal Gemaedu
Vol 1 No 2 (2016): Daftar Isi

MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA MELALUI PEMBELAJARAN NUMBER HEADS TOGETHER

M. Saprudin, Mumuh (Unknown)



Article Info

Publish Date
20 Nov 2018

Abstract

Tujuan penelitian tindakan kelas ini adalah: untuk meningkatkan hasil belajar IPA melalui model pembelajaran Kooperatif tipe NHT pada siswa kelas IX-C SMPN 2 Tirtamulya semester 1 tahun pelajaran 2010/2011”. Jumlah sampel dalam penelitian ini 40 siswa. Waktu penelitian pada bulan Oktober sampai November 2010. Penelitian yang dilaksanakan adalah Penelitian Tindakan Kelas. Penelitian ini dilaksanakan melalui 2 siklus. Dari hasil observasi memperlihatkan bahwa terjadi peningkatan hasil belajar siswa yang pada siklus I rata-rata 70 % menjadi 84%  pada siklus II. Begitu juga terjadi peningkatan ketuntasan individu yang pada siklus I ada 11 siswa atau 26,19% yang belum tuntas menjadi 0%  pada siklus II. Peningkatan ketuntasan secara klasikal yang pada siklus I rata-rata 73,80%  menjadi 100% pada siklus II. Aktifitas dan keterampilan kooperatif siswa ada peningkatan yang pada siklus I rata-rata persentase keaktifan siswa 63,65%  menjadi 86,90%  pada siklus II. Pada siklus I persentase keterampilan kooperatif siswa 67,75%  meningkat menjadi 80,54%  pada siklus II. Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe NHT juga berimbas pada peningkatan keterampilan guru dalam mengembangkan metode pembelajaran yang pada siklus I sebesar 69,35% meningkat menjadi 87,90%  pada siklus II. Dan keterampilan guru dalam mengelola proses pembelajaran juga meningkat yang pada siklus I sebesar 64,29% menjadi 89,28%  pada siklus II.

Copyrights © 2016