Penelitian ini berawal dari masalah yang timbul dalam pembelajaran IPS di Sekolah, yang mengakibatkan kemampuan hasil belajar IPS rendah.Penelitian ini diadakan di kelas IX-6 SMP Negeri 3 Cibinong dengan jumlah siswa 41 orang. Penelitian tersebut juga sebagai alternatif untuk meningkatkan hasil belajar dengan menghadirkan pembelajaran yang aktif yaitu pembelajaran kooperatif metode Mind Mapping.Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas sebanyak dua siklus. Hasil dari pengolahan data dan analisis hasil observasi ditemukan bahwa melalui pembelajaran kooperatif metode Mind Mapping dapat meningkatkan hasil belajar IPS dengan hasil belajar memuaskan dan siswa aktif serta senang belajar selama dalam proses pembelajaran.Hasil penelitian menyimpulkan dua hal, yaitu: pertama, pembelajaran kooperatif metode Mind Mapping mampu meningkatkan hasil belajar siswa hingga mencapai rata-rata 77 dan meningkatkan hasil belajar IPS secara klasikal sebesar 80%.Kedua, pembelajarankooperatif metode Mind Mapping mampu meningkatkan antusiasme siswa dalam pembelajaran sebesar 100%. Berdasarkan hal-hal tersebut dapat disimpulkan bahwa hasil belajar Ilmu Pengetahuan Sosial dapat ditingkatkan melalui pembelajaran kooperatif metode Mind Mapping.
Copyrights © 2016