Jurnal Gemaedu
Vol 1 No 3 (2016): Daftar Isi

MODEL PEMBELAJARAN EXAMPLES NON EXAMPLES UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR TATA BUSANA

Nadiarlis, Nadiarlis (Unknown)



Article Info

Publish Date
21 Nov 2018

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui apakah model pembelajaran examples non examples pada pokok bahasan pola konstruksi busana pria Betawi/Sadariah dapat meningkatkan hasil belajar Tata Busana di kelas IX.6 SMP Negeri 258 Jakarta.Penelitian Tindakan Kelas ini dilaksanakan di SMP Negeri 258 Jakarta pada semester Ganjil tahun pelajaran 2010/2011 bulan September sampai Bulan November 2010,dengan subyek penelitian siswa Kelas IX.6 yang berjumlah 38 siswa.Metode penelitian yang digunakan adalah Metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK),yang pelaksanaannya terdiri empat langkah utama yaitu:perencanaan,pelaksanaan/tindakan,pengamatan dan refleksi.Penelitian ini dilaksanakan dalam 2siklus,tiap siklus tiga kali pertemuan.Teknik pengumpulan data dilakukan melalui angket,observasi/pengamatan serta hasil evaluasi.Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada siklus I hasil rata- rata pada pembelajaran praktik membuat pola busana pria khas Betawi / sadariah 68,13 dengan siswa tuntas 30 % dan pada siklus II hasil rata – rata 80,5 dengan 100 % siswa tuntas. Simpulan hasil penelitian tindakan kelas ini adalah dengan menggunakan model pembelajaran Examples Non Examples dapat meningkatkan semangat,minat,kerjasama dan motivasi siswa sehingga dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada praktik pembelajaran pembuatan pola busana pria khas Betawi /Sadariah ,pada pelajaran Tata Busana di SMP Negeri 258 Jakarta.

Copyrights © 2016