Jurnal Gemaedu
Vol 1 No 4 (2016): Daftar Isi

UPAYA MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENULIS DONGENG MELALUI MEDIA FILM PADA SISWA KELAS VII SMP NEGERI 48 JAKARTA

Susiati, Susiati (Unknown)



Article Info

Publish Date
21 Nov 2018

Abstract

Penelitian tindakan kelas ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan menulis dongeng siswa di kelas VII-6 SMP Negeri 48 Jakarta. Upaya yang dilakukan untuk meningkatkan keterampilan menulis dongeng siswa kelas VII-6 SMP Negeri 48 Jakarta adalah dengan pembelajaran menggunakan media film. Setelah diterapkan pembelajaran dengan menggunakan media film, keterampilan menulis dongeng siswa meningkat. Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus terhadap 35 siswa. Teknik pengumpulan data melalui observasi oleh guru dan kolaborator, dan analisis data dilakukan secara deskriptif dengan teknik persentase. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan dapat disimpulkan hal-hal sebagai berikut: (1) penggunaan media film dapat meningkatkan aktivitas siswa dalam proses pembelajaran keterampilan menulis dongeng siswa kelas VII-6 SMP Negeri 48 Jakarta, yang ditunjukkan oleh peningkatan nilai aktivitas siswa dari 50,61 pada siklus I, menjadi 78,37 pada siklus II dan menjadi 87,35 pada siklus III, (2) penggunaan media film dapat meningkatkan keterampilan menulis dongeng siswa kelas VII-6 SMP Negeri 48 Jakarta, yang ditandai dengan meningkatnya nilai rata-rata keterampilan menulis dongeng siswa yaitu sebesar 74,43 pada siklus I menjadi 76,91 pada siklus II dan meningkat menjadi 78,69 pada siklus III.  Pada siklus Isebanyak 24 atau 68,57% berhasil mencapai nilai KKM (≥ 75), pada siklus II sebanyak 26 siswa atau 74,29% dan pada siklus IIIsebanyak 31 siswa atau 88,57% berhasil mencapai nilai KKM (≥ 75).  

Copyrights © 2016