Jurnal Gemaedu
Vol 1 No 4 (2016): Daftar Isi

PENGGUNAAN STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISIONS (STAD) DALAM MENINGKATKANHASIL BELAJAR INTEGRAL TAK TENTU DI KELAS XII 1IPASMA NEGERI 1 MEGAMENDUNG

Damanik, Rusmawati (Unknown)



Article Info

Publish Date
21 Nov 2018

Abstract

Tujuan dari  penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar matematika dengan penerapan model pembelajaran kooperatif STAD. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XII IPA 1 SMA N 1 Megamendung yang berjumlah 35 siswa terdiri dari 13 pria dan 22 wanita.Pelaksanaan penelitian dilakukan pada semester ganjil tahun pelajaran 2014/2015. Proses penelitian dilakukan dengan dua siklus. Setiap siklus terdiri dari dua pertemuan untuk proses pembelajaran dan satu pertemuan untuk pelaksanaan tes hasil belajar. Setiap siklus terdiri  empat tahap, yaitu tahap perencanaan, tahap tindakan, tahap observasi dan tahap refleksi.Hasil belajar matematika meliputi  kognitif,  psikomotor dan afektif. Instrument hasil belajar ranah kognitif adalah perangkat tes hasil belajar berbentuk essay yang dilaksanakan pada setiap akhir siklus.Instrumen hasil belajar psikomotor adalah observasi pada saat pembelajaran berlangsung dan instrument hasil belajar aspek afektif berupa angket dengan model skala Likert.        Dengan KKM 75, hasil belajar kognitif siklus I mencapai nilai rata-rata 79.67, dan ketuntasan klasikal 80%.Sedangkan hasil belajar aspek kognitif siklus II mengalami kenaikan dengan nilai rata-rata 86.54 dan ketuntasan klasikal 88.57%.Dengan KKM 75, hasil belajar aspek afektif siklus I mencapai rata-rata 79.93 dan hasil belajar afektif siklus II naik menjadi 85.82. Hasil observasi  antusias belajar siklus I menunjukkan kenaikan on task dari 91.43 menjadi 93.97 dan penurunan off task dari 8.02 menjadi 3.49. sedangkan hasil observasi antusias belajar siklus II juga mengalami kenaikan dari on task 95.56 menjadi 97.78   dan hasil off task mengalami penurunan dari 4.44 menjadi 2.22. Hasil belajar psikomotor siklus I mencapai kenaikan dari  80.1 dan ketuntasan  88.57% menjadi  82 dan ketuntasan klasikal 97.14 siklus II. Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran STAD  dapat meningkatkan hasil belajar matematika siswa kelas XII IPA 1 SMA N Megamendung.Selain itu model pembelajaran ini juga dapat meningkatkan antusias belajar siswa.  

Copyrights © 2016