Jurnal Gemaedu
Vol 1 No 4 (2016): Daftar Isi

HASIL BELAJAR DITINJAU DARI STRATEGI PEMBELAJARAN DAN MOTIVASI BELAJAR MATEMATIKA SISWA ( EKSPERIMEN PADA SMA NEGERI DI KECAMATAN CIBINONG)

Ekawening, Ekawening (Unknown)



Article Info

Publish Date
21 Nov 2018

Abstract

Tujuan umum dari penelitian ini adalah untuk membuktikan dan menganalisis secara empiris tentang hasil belajar matematika ditinjau dari strategi pembelajaran dan motivasi belajar matematika siswa SMAN di kecamatan Cibinong , Kabupaten Bogor Tahun 2015/2016. Metode yang digunakan adalah eksperimen. Sampel penelitian yang digunakan adalah 72 siswa. Diperoleh melalui multi stage random sampling, yaitu pemilihan kelompok  secara random untuk menjadi kelas eksperimen (kelompok strategi pembelajaran peta konsep) dan kelas kontrol (kelompok strategi pembelajaran ekspositori), dilanjutkan dengan pengelompokan siswa masing-masing ke dalam dua kelompok motivasi belajar yang berbeda (motivasi belajar tinggi dan motivasi  belajar rendah). Rancangan penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah desain faktorial 2x2 dengan tiga variabel yang terdiri atas dua variabel bebas, yaitu strategi pembelajaran dan motivasi belajar siswa, serta satu variabel terikat, yaitu hasil belajar matematika. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik kuesioner (variable motivasi belajar) dan teknik dokumentasi (variabel strategi pembelajaran). Data yang terkumpul selanjutnya dianalisis menggunakan teknik ANAVA dua arah. Sebelum data dianalisis, terlebih dahulu dilakukan analisis statistik deskriptif dan uji persyaratan data (uji normalitas dan uji homogenitas). Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) terdapat pengaruh yang signifikan strategi pembelajaran terhadap hasil  belajar matematika siswa SMA Negeri di Kecamatan Cibinong Hal ini dibuktikan dengan nilai Sig. 0,003 < 0,05 dan F hitung 9,702. (2) terdapat pengaruh yang signifikan motivasi belajar siswa terhadap hasil belajar matematika siswa SMA Negeri di Kecamatan Cibinong. Hal ini dibuktikan dengan nilai Sig. 0,026 < 0,05  dan F hitung  5,184. (3) terdapat pengaruh interaktif yang tidak signifikan strategi pembelajaran dan motivasi belajar siswa terhadap hasil belajar matematika siswa SMA Negeri di Kecamatan Cibinong. Tidak adanya interaksi ini dibuktikan dengan nilai Sig. 0,957 > 0,05 dan F hitung 0,003. Karena tidak adanya pengaruh interaksi strategi pembelajaran dengan motivasi belajar siswa terhadap hasil belajar matematika maka tidak dilanjutkan uji t.  

Copyrights © 2016