Jurnal Gemaedu
Vol 1 No 4 (2016): Daftar Isi

PENGARUH PENDEKATAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA SMA

Fitriyani, Fitriyani (Unknown)



Article Info

Publish Date
21 Nov 2018

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalahmenelaah perbedaan peningkatan hasil belajar matematik antara siswa yang memperoleh pembelajaran dengan  pendekatan CTL dan hasil belajar matematik siswa yang memperoleh pembelajaran konvensional. Penelitian eksperimen ini menggunakan desain randomized pre test-post test control group design. Populasi terjangkau dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X salah satu SMA Negeri di Kabupaten Bogor yang terdaftar pada tahun pelajaran 2012/2013 yang terdiri dari delapan rombongan belajar. Sampel yang diperoleh secara acak dan melalui undian adalah kelas X-1 dan X-8. Data hasil belajar dikumpulkan dengan tes uraian. Hasil dari analisis data menunjukkan bahwapeningkatan hasil belajar matematik antara siswa yang memperoleh pembelajaran dengan  pendekatan CTL lebih baik dari peningkatan hasil belajar matematik siswa yang memperoleh pembelajaran konvensional (P-value = 0.025 dan Sig. (2-tailed) = 0.000).

Copyrights © 2016