Jurnal Gemaedu
Vol 1 No 4 (2016): Daftar Isi

PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN DAN KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA PADA SISWA SMA NEGERI DI KABUPATEN BOGOR (Eksperimen pada siswa klas X SMA Negeri di Kabupaten Bogor)

Hadawiyah, Kustina Umi (Unknown)



Article Info

Publish Date
21 Nov 2018

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis dan menguji hipotesis pengaruh Model Pembelajaran dan Kemandirian Belajar Siswa Terhadap Hasil Belajar Matematika. Metode penelitian adalah metode eksperimen. Sampel penelitian diambil dari populasi terjangkau dengan teknik cluster random sampling yaitu sebanyak 52 siswa. Instrumen penelitian yang digunakan yaitu tes hasil belajar Matematika yang diuji validitasnya dengan koefisien reliabilitasnya = 0,959, analisis data menggunkan analysis of varians (ANOVA) dua jalur/arah.Hasil pengujian menunjukkan bahwa : 1) Berdasarkan hasil analisis data dapat   disimpulkan bahwa variabel model pembelajaran berpengaruh secara signifikan terhadap hasil belajar matematika siswa. 2) Variabel kemandirian belajar siswa berpengaruh secara signifikan    terhadap hasil belajar Matematika  siswa. 3) Tidak ada interaksi variabel model pembelajaran  dan  kemandirian belajar siswa terhadap hasil belajar matematika siswa.Hasil belajar matematika siswa yang diajar dengan model pembelajaran berbasis masalah lebih tinggi dibandingkan  dengan hasil belajar siswa yang diajar dengan metode konvensional. Model pembelajaran berbasis masalah membe.rikan kontribusi  yang sangat signifikan dalam meningkatkan hasil belajar matematika siswa.

Copyrights © 2016